JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terlalu Sering Melancong ke Luar Negeri, Gubernur Sumbar Diinterpelasi 14 Anggota DPRD

Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade (tengah) didampingi Ketua DPRD Sumbar Supardi (kiri) dan Ketua Fraksi Gerindra Hidayat (kanan) / tribunnews

PADANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Lantaran dinilai terlalu sering melancong ke luar negeri, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno diinterpelasi oleh 14 anggota DPRD setempat.

Para anggota dewan yang mengajukan interpelasi tersebut adalah Supardi, Hidayat, Ismunandi, Desrio Putra, Evi Yandri, Tri Suryadi, Jempo, Yunisra Syahiran, Khairuddin Simanjuntak, Nurkhalis, Mesra, Syafruddin Putra, Mario Syahjohan dan Muchlis Yusuf Abit.

“Ada 14 orang anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar yang solid mendukung penggunaan hak interpelasi terhadap gubernur,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, Minggu (22/12/2019).

Andre Rosiade mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Fraksi Gerindra Sumbar Hidayat dan Ketua DPRD Sumbar Supardi.

“Kita sudah rapat dengan ketua Fraksi dan Ketua DPRD. Selanjutnya, mereka yang akan menggulirkan penggunaan hak interpelasi ini di dewan,” jelas Andre.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Hidayat mengatakan, pihaknya siap menjalin komunikasi dengan fraksi lain untuk mengajukan hak interpelasi ini.

“Syarat mengajukan itu minimal 10 anggota dewan dari dua fraksi. Kemudian dibawa ke Badan Musyawarah DPRD dan diparipurnakan,” kata Hidayat.

Jika mayoritas anggota DPRD Sumbar setuju, maka hak interpelasi menjadi hak anggota dewan untuk meminta penjelasan kepada gubernur.

Hidayat menyebut penggunaan hak interpelasi ini hanya meminta penjelasan gubernur terhadap kebijakannya yang sering ke luar negeri dan bukan untuk pemakzulan gubernur.

“Perlu diketahui bahwa hak interpelasi ini bukan memakzulkan gubernur. Kita hanya memanggil untuk meminta penjelasan,” kata Hidayat.

www.tribunnews.com

Baca Juga :  Dijerat Pasal Berlapis, Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Terancam Pidana Maksimal Hukuman Mati