JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pingin Coba Wisata Bernuansa Desa Tempo Dulu? Ini Dia Destinasi Baru Bernuansa Kuliner Singkong di Jatisobo Karanganyar

Foto/Humas
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Karanganyar memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Tak hanya destinasi wisata alam nan beragam, kabupaten ini juga terus berkreasi dengan menciptakan destinasi-destinasi wisata baru.

Salah satunya, kehadiran destinasi wisata baru berkonsep tempoe doeloe yang ada di Desa Jatisobo.

Wisata berkonsep alam dan kuliner itu bernama Pasar Singkong Jatisobo (Passibo).

Passibo ini barusaja dilaunching beberapa hari lalu. Kehadiran Passibo diharapkan dapat menghidupkan kembali Pasar Klerong yang pernah moncer di Dusun Klerong, Desa Jatisobo, Kecamatan Jatipuro.  Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga :  Awas, Tim Penindakan Terbentuk, Warga Karanganyar Tak Boleh Lagi Sepelekan Prokes. Nekat Gelar Acara Kerumunan, Bupati Sebut Bisa Dibubarkan Paksa!

Passibo menawarkan tempat wisata yang unik. Tempat berjualan para pedagang dibuat seperti gubuk di pematang sawah.

Selain itu untuk transaksi jual-belinya, para pengunjung dapat menukarkan uang rupiah dengan uang bernilai Rp 1.000, Rp 2.000, dan Rp 5.000.

Semua terbuat dari kayu berbentuk bulat dan persegi panjang di gubuk “Pangisi Duwit” yang berada di dekat pintu masuk.

Ide pasar wisata bermula dari kelompok Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) saat melakukan pengabdian di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Debut Baru Mengesankan, Kesebelasan Persika Karanganyar Sukses Beri Kemenangan Perdana Usai Libas PS Demak 2-0

Passibo secara resmi dilauncing oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di kawasan yang dulunya bernama Pasar Klerong akhir pekan lalu.

Bupati menyampaikan akan merehab bangunan pasar agar nampak lebih bagus dan lebih memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk mampir dan belanja disini.

“Ini semua juga upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya. Wardoyo