JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tembok Taman Balekambang Sisi Utara Ambrol

Menahan banyak beban, tembok sisi utara Taman Balekambang ambrol. Hal itu diketahui berdasarkan laporan warga sekitar, Kamis (26/12/2019). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menahan banyak beban, tembok sisi utara Taman Balekambang ambrol. Hal itu diketahui berdasarkan laporan warga sekitar, Kamis (26/12/2019).

Tembok taman yang berlokasi di Manahan, Banjarsari tersebut ambrol sepanjang 20an meter. Meski begitu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambrolnya tembok.

Ketua Komisi II DPRD Surakarta, YF Sukasno menuturkan, pihaknya menerima laporan dari warga terkait peristiwa ambrolnya tembok tersebut.

“Kami mendapatkan laporan dari warga yang kebetulan melintas di Jalan Ahmad Yani tak jauh dari lokasi kejadian dan langsung menuju ke lokasi saat itu juga,” ujarnya, Jumat (27/12/2019).

Baca Juga :  Diawali Suara Tembakan, Polisi Bubarkan Seribuan Anggota PSHT yang Berkumpul di Plaza Manahan, 5 Orang Diamankan

Setelah mendapatkan laporan, Kasno mengatakan, dirinya langsung melakukan pengecekan. Dan diduga, ambruknya tembok disebabkan tembok tidak kuat menahan beban.

“Dugaan sementara karena tembok tidak mampu menahan beban banyaknya pohon yang merambat menempel. Karena banyak akar pohon menempel, sampai masuk ke pori-pori tembok membuat tembok jadi rapuh,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dua Pelaku Penyerangan di Mertodranan Solo Kembali Ditangkap, Salah Satunya Adalah Juru Parkir

Di sisi lain, Kasno juga menemukan kondisi tembok miring sepanjang 30an meter di sekitar lokasi yang berdekatan.

“Kami juga menemukan kondisi tembok Taman Balekambang sepanjang 30 mieter dalam kondisi miring dan terancam ambruk. Kalau ini dibiarkan bisa ambruk juga. Kami minta pengelola tempat wisata Taman Balekambang segera melakukan tindakan darurat. Kalau tidak segera ditangani bisa membahayakan pengunjung. Jika perlu diberikan tanda peringatan bahaya,” tukasnya. Triawati PP