JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UPT Layanan Internasional UNS Gelar Global Challenge Fest 2019

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan International Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menyelenggarakan Global Challenge Fest pada Sabtu, 7 Desember 2019 bertempat di Grha Solo Raya. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan International Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menyelenggarakan Global Challenge Fest pada Sabtu, 7 Desember 2019 bertempat di Grha Solo Raya. Global Challenge Fest 2019 ini merupakan penutup rangkaian UNS Global Challenge 2019. Global Challenge Fest kali ini dihadiri oleh lebih dari 150 mahasiswa, baik dari mahasiswa UNS itu sendiri maupun mahasiswa dari universitas lain.

Kali ini Global Challenge Fest mengambil tema “Menantang Diri Belajar ke Luar Negeri”. UPT Layanan International UNS menghadirkan Agus D. Priyanto yang merupakan reviewer UNS Global Challenge sebagai pembicara. Ia memberikan motivasi dan membagi strategi tembus UNS Global Challenge.

Sedangkan pembicara kedua pada Global Challenge Fest 2019 kali ini ialah Maria Isabel Nieves. Ia merupakan awardee beasiswa Fulbright. Ia menceritakan pengalamannya hidup dan belajar di negara yang paling beragam di dunia. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta yang hadir, dimana banyak peserta yang antusias dan mengajukan pertanyaan kepada kedua pembicara.

Baca Juga :  538 Anak di Jateng Terpapar Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka Direkomendasikan Ditunda Dulu

Diskusi semakin menarik ketika moderator, Yudi Sastroredjo, mengundang 6 awardee UNS Global Challenge 2019 untuk berbincang-bincang mengenai pengalaman unik dan suka dukanya selama mengikuti program di luar negeri melalui UNS Global Challenge. Melalui perbincangan tersebut, banyak pengalaman dan perjuangan yang tentunya dialami oleh awardee selama program berlangsung.

Ini merupakan salah satu tujuan Global Challenge Fest untuk menularkan virus positif melalui inspirasi menggapai mimpi belajar ke luar negeri selagi masih mahasiswa. Selain itu, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi kecakapan teknis dalam berburu program untuk belajar ke luar negeri serta membagi contoh-contoh dokumen yang selama ini menjadi persyaratan dalam pendaftaran program student outbond.

Salah satu peserta Global Challenge Fest, Ulya Zaen, mengaku cukup terbantu dengan adanya acara ini. “Kesan saya, acara ini sangat memfasilitasi saya dan teman-teman semuanya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana sih Global Challenge itu dan semoga kami semua termotivasi dan melanjutkan mimpi-mimpi kami seperti pembicara-pembicara yang ada di depan tadi”, ungkapnya.

Baca Juga :  Partai Gelora Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020, Anis Matta: Dinamika di Daerah

Sementara itu, salah satu awardee UNS Global Challenge 2019 dari Fakultas Hukum (FH), Aufa, mengungkapkan kesannya menjadi Awardee UNS Global Challenge, “Jadi Awardee UNS Global Challenge tu sangat luar biasa ya, jadi kita bisa internasionalisasi, kita bisa bertemu banyak orang dari seluruh dunia,” ungkapnya dalam rilis, Selasa (10/12/1/2019).

Ia juga mengatakan bahwa Global Challenge Fest ini merupakan kesempatan yang bagus untuk mengetahui lebih banyak tentang UNS Global Challenge. “UNS Global Challenge Fest ini keren banget, disini kalian bisa dapat pengalaman dan ilmu tentang bagaimana menjadi awardee UNS Global Challenge,” tambahnya.

Global Challenge Fest kali ini juga dikemas dengan penampilan akustik dan ditutup dengan Coaching Clinic bersama awardee UNS Global Challenge. Triawati PP