JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

2 Tanggul Simo Jebol Diguyur Hujan, Puluhan Rumah Diterjang Banjir Bandang di Pati

Foto/Humas Polda
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas Polda

PATI, JOGLOSEMARNEWS.COM Dua Tanggul Kali Simo yang berada di Desa Sinoman, Kecamatan Pati, jebol, Selasa (14/1/2020). Akibatnya, puluhan rumah yang ada di desa tersebut, tergenang banjir.

Kepala Desa (Kades) Sinoman Triyono mengatakan, banjir sudah terjadi sejak pagi tadi. Menurutnya, tanggul yang jebol berada di sebelah barat desa.

Dia menjelaskan tanggul yang jebol merupakan bekas tanggul jebol tahun lalu. Sementara yang satunya lagi ada di dekat Pintu Air Peranakan 2.

Baca Juga :  Petugas PPDP Grobogan Datangi Rumah Calon Pemilih

Dari hasil pendataan sementara, rumah warga yang terdampak banjir ada di tiga RT dan yang paling parah berada di RT 1 dan RT 2.

”Kondisi air sebagian sudah ada yang masuk ke dalam rumah,” ujarnya dilansir Tribratanews.

Sementara itu Kapolsek Pati Kota Iptu Sahlan mengungkapkan jebolnya tanggul di Dk. Triwil Desa Sinoman Pati dikarenakan tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan gembong, Tlogowungu dan kecamatan Pati sehingga waduk Seloromo yang berada di Desa Gembong tidak bisa menampung air sehingga air mengalir ke wilayah Pati.

Baca Juga :  Pedagang dan Tukang Becak Terpapar Covid-19, Pasar Sidorejo Kendal Ditutup Sementara

Warga bersama dengan BPBD, TNI dan Polri saat ini juga sudah menyaipkan material untuk menutup sementara dua tanggul yang jebol itu. Sehingga, diharapkan dampak banjir tidak semakin meluas.

“Berkaitan jebolnya tanggul di Dk Triwil Desa Sinoman Kec Pati Sebanyak 3 titik ukuran 4 meter kedalaman 2,5 meter, Pihak pemerintah Desa akan melakukan kerja bakti besuk pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2020,” pungkasnya. JSnews