loading...

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Wonogiri hingga kini masih melanjutkan gerakan mitigasi bencana. Salah satu yang dilakukan adalah penghijauan atau penanaman bibit pohon.

Informasi yang dihimpun dari BPBD Wonogiri, gerakan mitigasi bencana terlebih yang melibatkan warga merupakan bentuk dukungan terhadap masyarakat dalam pengurangan risiko bencana. Terlebih, wilayah Wonogiri termasuk endemik bencana seperti banjir, angin kencang, tanah longsor, karhutla maupun kekeringan.

“Bentuk gerakan mitigasi bencana salah satunya adalah penanaman pohon untuk penghijauan,” beber Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Minggu (26/1/2020).

Baca Juga :  Melalui Kemitraan Baru, Petani Wonogiri Bakal Lebih Makmur Sejahtera, Semua Pihak Diuntungkan. Tertarik? Seperti Ini Penjelasannya

Pada Sabtu pekan kemarin, mitigasi bencana dengan penanaman bibit pohon dilakukan relawan Kecamatan Selogiri.
Lokasi di sekitar kawasan hutan rakyat Desa Jendi dan sepanjang jalan tembus antara Desa Kepatihan Selogiri hingga Kecamatan Manyaran.

“Penanaman pohon juga dilakukan di beberapa sumber air,” jelas dia.

Jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.500 batang. Terdiri dari bibit pohon trembesi, beringin, akar wangi dan sejumlah tanaman buah.

Penanaman bibit pohon memiliki fungsi ekologi untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

Baca Juga :  Sejumlah Warga Kurang Mampu di Dusun Nglangkir Desa Pijiharjo Manyaran Wonogiri Terima Bantuan Baksos Dari Koramil 11/Manyaran

“Kegiatan didukung perangkat desa, kelompok tani, TNI, Polri serta Perhutani,” kata dia. Aria