JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pencuri Konyol, Gagal Bobol Kotak Amal Masjid RS Roemani Semarang, Bukannya Kabur Malah Pilih Bobok di TKP Hingga Akhirnya…

Maling kotak amal masjid, Hendri Agustiawan diamankan anggota Polsek Semarang Selatan setelah terekam berusaha mencuri uang kotak amal di Masjid Kompleks RS Roemani Semarang, belum lama ini. Tribunjateng/iwan arifianto

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gagal mencuri kotak amal masjid Hendri Agustiawan (30) diamankan anggota Polsek Semarang Selatan. Saat beraksi pelaku terekam berusaha mencuri uang kotak amal di Masjid Attaqwa PDM Kompleks RS Roemani Semarang, Sabtu (25/1/2020).

Agus, sapaannya, diamankan petugas saat terlelap di masjid setelah gagal mencuri uang. Informasi yang diterima Tribun Jateng, aksi Agus membobol kotak amal dilakukan sekira pukul 02.00. Dia berusaha mencuri uang di kotak amal menggunakan kawat.

Namun, lantaran gagal, Agus bukannya kabur tetapi memilih tidur di masjid tersebut.
Aksinya terungkap setelah sekuriti masjid mengecek rekaman CCTV sekitar pukul 08.00.

“Sekuriti kemudian membangunkan pelaku dan menyerahkan ke polisi,” ungkap Kapolsek Semarang Selatan Kompol Dedi Mulyadi saat dihubungi tribunjateng.com. Kepada polisi, Agus mengaku telah beberapa kali melakukan aksinya di masjid tersebut. Juga, di masjid lain.

Baca Juga :  Berselisih Soal Hubungan Terlarangnya, Pria Ini Cekik Pasangan Selingkuhnya Hingga Meninggal di Kamar Hotel Jati Kudus

“Saya iseng-iseng saja, kadang menggunakan kawat, kadang pakai kunci motor, syukur-syukur kalau dapat. Total yang di Masjid Roemani kena Rp 50 ribu tapi uang pecahan. Hasilnya, untuk beli rokok sama makan,” kata pria lajang pengangguran ini saat ditemui di Polsek Semarang Selatan.

Agus mengaku ketagihan membobol kotak amal masjid sejak tiga bulan terakhir. Dia beraksi mulai dari masjid di daerah Pucanggading hingga di daerah Sampangan.

“Hasilnya ada yang Rp 80 ribu, bahkan Rp 150 ribu. Sama, buat beli makan dan rokok. Tidak buat minuman keras, meskipun saya hobi minum,” jelasnya.

Baca Juga :  Kawasan Industri Hasil Tembakau Kudus Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja

Agus mengaku pernah keliling ke beberapa tempat di Semarang. Namun gagal beraksi karena kondisi masjid masih ramai pengunjung.

“Saya lebih baik mengurungkan niat ketika situasi tidak mendukung,” jelasnya.

Kendati sering mencuri kotak amal masjid, Agus menolak disebut pencuri spesialis kotak amal masjid. Alasannya, yang dilakukan tak sengaja alias spontan.

“Saya tidak sengaja mencuri uang di kotak amal masjid. Bahkan saya menyesal telah melakukan hal itu,” katanya.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Semarang Selatan Iptu Sukrisnadi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap Agus.

“Pelaku memang betul berusaha mencuri namun belum berhasil. Kami hanya bisa melakukan pembinaan karena pihak pengurus Masjid menerima kejadian ini yang dibuktikan dengan surat pernyataan,” ujarnya.

www.tribunnews.com