JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Banjir dan Longsor di Mana-mana, Kapolres Karanganyar Tergerak Galang Penanaman 525 Pohon di Lereng Gunung Lawu

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi memimpin penanaman pohon di lereng Gunung Lawu untuk mencegah banjir dan longsor, Jumat (10/1/2020). Foto/Wardoyo
Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi memimpin penanaman pohon di lereng Gunung Lawu untuk mencegah banjir dan longsor, Jumat (10/1/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Banyaknya bencana banjir dan longsor di beberapa daerah memasuki musin penghujan ini, membuat jajaran Polres Karanganyar, langsung merespon.

Pagi tadi, Jumat (10/01/2020), Polres langsung menggelar aksi penanaman pohon serentak di lereng Gunung Lawu debagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis di Mapolsek Jumantono dan dilanjutkan penanaman pohon di seluruh kantor Polsek yang berada di seluruh wilayah Polres Karanganyar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi mengatakan penanaman pohon dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia tersebut sebagai upaya mencegah terjadinya berbagai bencana alam.

“ Penanaman pohon ini sebagai salah satu bentuk keprdulian kami terhadap lingkungan, sekaligus dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, dan mendukung program penghijauan yang dicanangkan oleh Kapolri. Salah satu tujuannya untuk mencegah banjir, tanah longsor, serta mengurangi polusi yang memberikan efek positif bagi manusia,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Siap-Siap, Mulai Bulan Depan, Tak Pakai Masker di Karanganyar Bakal Didenda Rp 20.000. Simak Ketentuan Lainnya!

Menurut Kapolres, jenis pohon yang di tanam bervariatif, di antaranya pohon mangga, durian, jambu serta berbagai pohon lainnya yang menghasilkan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 525 batang pohon.

Bibit tanaman yang dipilih merupakan jenis buah-buahan yang bisa dimanfaatkan hasilnya.

“ Pengaruh penanaman pohon saat ini tidak dapat langsung dirasakan seketika, namun dengan penanaman pohon maka potensi kerawanan bencana alam, terutama tanah longsor dapat diminimalkan pada kemudian hari.Selain manfaat pencegahan bencana alam, pohon-pohon ini nantinya dapat dimanfaatkan hasilnya oleh anak cucu kita, “ jelas Kapolres.

Baca Juga :  Kisah Pilu Bertumpuk-Tumpuk Ketua RT di Desa Buran Karanganyar Yang Kecelakaan dan Positif Covid-19. Di Rumah Sakit Tak Boleh Ditunggui, Operasi Tunggu Statusnya Negatif, Kerabatnya di Rumah Malah Meninggal Dunia

Kapolres berharap, dan meminta kepada seluruh seluruh anggota Polres maupun Polsek jajaran dapat merawat pohon-pohon yang telah ditanam ini.

“Jangan berhenti hanya dengan menanam, tetapi harus kita rawat juga. Ini tugas kita bersama agar penerus kita bisa merasakan manfaatnya,” tandasnya.

Ditambahkan Kapolres, selain penanaman pohon di seluruh Polsek, penanaman pohon juga akan dilakukan di Gunung Lawu.

“Kita akan menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk perduli terhadap Gunung Lawu. Saat ini kita sedang mempersiapkan bibit,” pungkasnya. Wardoyo