JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pengamanan Malam Tahun Baru Imlek 2020, Polresta Solo Siapkan Mobil Tahanan dan Ambulan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polresta Solo menyiapkan 201 personil untuk pengamanan malam tahun baru China atau Imlek 2020, Jumat (24/1/2020) malam. Selain itu, mobil tahanan dan ambulan akan stand by di sekitar lokasi pusat perayaan Imlek 2571/2020 yakni di kawasan Pasar Gede.

Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi mengungkapkan, Polresta Solo siap melakukan pengamanan di kawasan pusat perayaan Imlek di Kota Solo.

“Kewajiban kita melakukan pengamanan, termasuk di jalan baik bagi masyarakat yang menuju lokasi maupun yang turun dari kendaraan untuk menikmati lampion,” ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga :  Aparat Gabungan Amankan Beberapa Pemuda di Kawasan Plasa Manahan, Ada yang Bawa Kaos dan KTA PSHT

Menurut Iwan, beberapa potensi yang dapat mengancam keamanan masyarakat saat perayaan Imlek tersebut diantaranya copet, anak yang hilang dan masyarakat yang pingsan akibat kelelahan.

“Dari Dinkes Solo sudah menyiapkan alat medis dan ambulan yang stand by di lokasi. Kemudian juga akan stand by mobil tahanan untuk mengantisipasi jika ada copet yang tertangkap,” imbuhnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi anak hilang di tengah keramaian, Polresta Solo menyiapkan petugas mobile yang terjun di tengah keramaian masyarakat yang menikmati lampion.

Baca Juga :  Jurnalis Joglosemarnews Juara 2 Lomba Artikel Jurnalistik Kemdikbud 2020

“Kita kerahkan juga mobil berpengeras suara. Akan stand by yang portabel. Jadi ada personil kita yang akan mengingatkan dan menghimbau dengan pengeras suara agar terus hati-hati dan tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Iwan.

Selain menyiapkan 201 personil dari Polresta Solo, pengamanan juga akan diback up satu SST personil Brimob.

“Kalau masih kurang, secara insidentil kita juga sudah siap mengerahkan satu sak lagi dari Brimob. Prinsipnya pengamanan akan dimaksimalkan demi kelancaran momen,” tandas Iwan. Triawati PP