JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Bikin Heboh Guru, Komik Konten Dewasa Beredar di Kalangan Siswa SD Kendal, Dibeli dari Penjual Mainan

Temuan komik bergambar dewasa di SDN 01 Patukangan Kendal, Kamis (23/1/2020). TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

KENDAL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Guru-guru SDN 01 Patukangan Kendal digegerkan dengan beredarnya komik berkonten dewasa di kalangan murid-muridnya. Menurut pengakuan dari beberapa siswa yang memiliki komik, mereka mengaku membelinya dari seorang laki-laki penjual mainan anak-anak di depan sekolah.

Inayatus Zakiyati Wali Kelas 3B SDN 01 Patukangan Kendal mengatakan, pagi tadi, Kamis (23/1/2020) ia mendapat laporan dari seorang siswanya bahwa ada siswa lain yang memiliki komik bergambar dan muatan dewasa.

Komik yang dimaksud juga sudah dibuang ke sebuah tempat sampah. Menerima kabar tersebut, Zakiyati bergegas mencari komik itu. Ditemukannya sebuah komik dengan sampul gambar kartun laki-laki dan perempuan.

“Kami cek ternyata muatannya menjurus ke hal negatif gambarnya pun seperti orang pacaran, ada gambar kissing juga disertai dialog,” jelasnya.

Ia pun melaporkannya kepada kepala sekolah dan guru-guru lain. Sekitar pukul 08.00 dilakukan pengecekan kepada seluruh siswa SDN 01 Patukangan dan ditemukan 1 komik yang hampir sama dan lembaran-lembaran komik bergambar negatif.

Baca Juga :  Bawaslu Petakan Kerawanan Tinggi Pilkada 2020 di Jateng

“Kita lakukan pengecekan ada 10 siswa yang memiliki tetapi mereka bilang sudah dipinjam-pinjamkan ke teman-teman, kurang tahu berapa yang sudah menjual,” katanya.

Guru yang juga Wali Kelas 4B, Dian Kartika menambahkan siswanya yang mengaku dan memiliki komik tersebut adalah kelas 2, 3, dan 4. Beberapa dari mereka mengaku membelinya dari seorang laki-laki penjual mainan anak-anak di depan sekolah.

Kata Dian, para siswa membelinya saat siang hari sebelum pulang sekolah. Ia menduga komik tersebut sudah dibeli lebih dari dua hari dan sudah dipinjamkan ke teman masing-masing.

“Komik kita sita ada dua dan beberapa lembar. Mereka cuma bisa nangis saat dipanggil guru karena sebelumnya tidak tahu. Mereka pada ngaku ditawarin untuk membeli dengan harga murah Rp 3 ribu. Mungkin karena suka dengan komik lalu dibelinya,” terangnya.

Baca Juga :  Hendi Minta Masyarakat Tak Perlu Takut Gelar Akad Pernikahan Asal Disiplin Protokol Kesehatan Ditegakkan

Dari temuan yang dikumpulkan pihak sekolah, satu buku bergambar kartun jepang berjudul God Family di dalamnya terdapat gambar-gambar kartun yang sedang berciuman hingga memakai celana dalam.

Buku lain berjudul Secretive Ai 06 dengan kode “dewasa” pada pojol kiri atas. Di dalam buku ini selain terdapat gambar negatif juga disertai muatan percakapan yang kurang mendidik.

“Mereka ini punya series 6, yang satunya series 3. Kata anak-anak ada yang sudah punya series 1 dan 2-nya,” tambah Dian.

Kepala Sekolah SDN 01 Patukangan, Akhmad bergerak cepat. Setelah menerima keterangan dari siswa-siswanya, Akhmad langsung memanggil sang pedagang.

“Ini langsung kita tangani panggil penjual. Apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Sementara yang sudah dibeli para siswa sudah diambil sama guru-guru. Penjual kita beri imbauan dan teguran agar tidak mengulanginya lagi. Sisanya kita minta diserahkan ke pihak sekolah untuk ditindak lanjuti,” jelas Akhmad.

www.tribunnews.com