JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Puting Beliung Porak-Porandakan 6 Kecamatan di Sragen. Satu Pengendara Jadi Korban Tertimpa Pohon, Pendapa Makam Sukowati Juga Rusak

Salah satu rumah yang rusak tertimpa pohon akibat terjangan puting beliung, Selasa (31/12/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Salah satu rumah yang rusak tertimpa pohon akibat terjangan puting beliung, Selasa (31/12/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bencana angin puting beliung kembali menyapu Sragen di penghujung tahun 2019, Selasa (31/12/2019) siang. Angin berkecepatan tinggi menerjang enam kecamatan dan merusak sejumlah rumah.

Tidak hanya itu, puting beliung juga menumbangkan banyak pohon di beberapa kecamatan. Imbasnya, seorang pengendara motor menjadi korban setelah tertimpa pohon besar saat berkendara.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , puting beliung menerjang sekitar pukul 14.00 WIB. Enam kecamatan yang terdampak di antaranya Kalijambe, Gemolong, Miri, Plupuh, Tanon dan Sumberlawang.

Menurut keterangan warga, angin kencang menerjang bersamaan hujan deras yang mengguyur pukul 14.00 WIB. Di wilayah Plupuh, angin kencang menumbangkan sejumlah pohon besar.

Seorang pengendara motor, Muhmadi (35) asal Ngemplak RT 08, Plupuh, Sragen, menjadi korban. Saat melintas di jalan raya Masaran-Gemolong tepatnya di Desa Karanganyar, Kecamatan Plupuh, mendadak ada pohon tumbang tepat menimpa motornya.

Akibatnya, korban mengalami patah tulang di bagian tangan dan kaki. Korban langsung dievakuasi oleh tim relawan PMI dan dibawa ke RS Karima Utama Solo.

Baca Juga :  BPR Kandimadu Arta Buka Cabang ke-4 di Masaran, Sragen

Terjangan angin juga membuat sejumlah rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Di antaranya satu rumah di Dukuh Mendalan RT 8, Desa Jeruk, Miri, satu rumah milik Mulyati (63) rusak setelah tertimpa pohon tumbang.

Lantas, satu rumah di Dukuh Kayon RT 15, Desa Gabugan, Kecamatan Tanon, juga dilaporkan rusak tertimpa pohon. Di Pengkol Tanon, terjangan angin juga merusak kompleks makam Sukowati yang tertimpa pohon tumbang.

“Seusai menerima laporan, tim PMI Sragen langsung mengecek lokasi. Untuk korban pengendara motor yang tertimpa pohon di Plupuh sudah dievakuasi dengan ambulans ke RS Karima Utama, Surakarta. Korban mengalami fraktur tertutup pada tangan kanan dan kaki kanan,” papar Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi, Rabu (1/1/2020).

Terpisah, Sekda Sragen Tatag Prabawanto memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sejumlah kerusakan dipastikan sudah tertangani dan pepohonan yang tumbang juga sudah dievakuasi secara bergotong royong dari berbagai elemen baik BPBD, PMI, dan unsur relawan lainnya bersama masyarakat dan TNI Polri. Wardoyo

Daftar Kerusakan dan Korban Puting Beliung Selasa (31/12/2019):

Baca Juga :  Innalillahi, Tukang Bangunan asal Kalikobok Tanon Meninggal Positif Covid-19. Bekerja di Surabaya, Sempat Dirawat di RS Moewardi Solo

*Kec. Kalijambe*
– Jl. Solo – Purwodadi, Kaliwuni, Kalijambe
(1 Pohon tumbang)

*Kec. Gemolong*
– Dk. Sentulan, Ds. Kaloran, Kec. Gemolong
(1 Pohon tumbang)
– Dk. Grendeng Rt.17, Ds. Kaloran, Kec. Gemolong.
(1 Pohon tumbang)

*Kec. Miri*
– Dk. Mendalan Rt.08, Ds. Jeruk, Kec. Miri
(1 unit rumah rusak ringan,)
Identitas Pemilik
Nama : Ny. Mulyati
Umur. : 63 tahun

*Kec. Plupuh*
– Jl. Masaran – Gemolong, Ds. Karanganyar, Kec. Plupuh
(1 Pohon tumbang dan korban 1 pengendara kendaraan)

*Kec. Tanon*
– Jl. Gabugan – Gawan, Ds. Jono, Tanon
(1 ranting pohon patah)
– Area Pendopo Makam Sukowati, Ds. Pengkol, Kec. Tanon
(1 Pohon tumbang menimpa pendopo makam & rusak ringan)
– Dk. Glonggongan Rt.23, Ds. Ketro, Kec. Tanon.
(1 Ranting Pohon Patah)
– Dk. Kayon Rt.15, Ds. Gabugan, Kec. Tanon.
( 1 Pohon tumbang mengenai rumah dan rumah Kerusakan ringan)

*Kec. Sumberlawang*
– Jl. Solo – Purwodadi, Ds. Kacangan, Kec. Sumberlawang.
(1 Pohon Tumbang)

Sumber: Pemkab Sragen