JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ratusan Lilin Apung Tandai Pergantian Tahun di Kali Gajah Putih

Dok RT 03/09 Kelurahan Karangasem

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di RT 03/09 Kelurahan Karangasem, Solo merayakan pergantian tahun dengan khidmat, syahdu dan unik di sepanjang aliran Kali Gajah Putih Solo, Selasa (31/12/2019) malam.

Sungai yang biasanya di waktu malam gelap itu, sontak berubah menjadi terang benderang oleh ratusan cahaya lilin yang terapung-apung, bergoyang-goyang mengikuti aliran air sungai.

Lilin-lilin tersebut ditaruh di atas limbah botol minuman kemasan yang dipotong-potong, kemudian dihanyutkan di atas air sungai.

Ratusan warga yang hadir dalam acara tersebut memandang lilin-lilin itu mengalir, menjauh sampai hilang dari pandangan. Ada juga lilin yang mati tertiup angin.

“Nyala lilin ini merupakan simbol optimisme saat kita memasuki tahun 2020. Ada juga lilin yang mati, tapi itu biasa. Itu simbol bahwa realitas hidup itu naik turun, tapi yang penting bagaimana kita menjaga spirit dan optimisme,” ujar Ketua RT 03/09, Kelurahan Karangasem, Sri Sudarini SPd dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Hadir dalam kesempatan tersebut ratusan warga masyarakat RT 03/09 dan warga sekitar Jajar. Hadir pula Lurah Karangasem, Marwoto SH dan para sesepuh lingkungan setempat.

Sri Sudarini mengatakan, ada sebanyak 250 lilin yang diapungkan di atas sungai Gajah Putih tersebut.

Sebelum lilin-lilin tersebut diapungkan, digelar hadrah TPA musholla Al Furqon Karangasem di bawah bimbingan Imam Prasetyo.

Acara dirangkai kemudian dengan sambutan dari Ketua RT 03/09, dilanjutkan dengan doa oleh H Robith Syahbani.

“Ratusan lilin itu dinyalakan oleh semua warga yang hadir. Jadi semua punya andil yang sama,” jelas Sri Sudarini.

Acara tersebut kian meriah dengan adanya pesta kuliner dengan menggunakan voucher yang disediakan oleh panitia. suhamdani

Baca Juga :  Semakin Marak, Kapolresta Solo Tegaskan Aksi Balap Lari Liar Dilarang