JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Selamat Buat Rutan Kelas II B Wonogiri yang Sukses Raih WBK 2019, Targetkan WBBM 2020. Akhirnya Jadi Rujukan Satker Lain

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wonogiri berhasik meraih penghargaanan sebagai satker yang masuk Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 2019 lalu. Alhasil lembaga tersebut sudah layak menjadi rujukan Satker lainnya.

Lantaran itu pula Rutan Kelas II B Wonogiri menjadi sentral Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 serta Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) unit Satker eks Karesidenan Surakarta. Apel digelar Selasa (28/1/2020).

“Apel ini merupakan program nasional dari Kemenkum HAM untuk ditindaklanjuti seluruh Satker eks Karesidenan Surakarta Kementerian Hukum dan HAM Jateng bahwa wajib untuk mencanangkan deklarasi WBK/WBBM dan birokrasi bersih melayani. Dimana ada enam butir poin janji kinerja yang dicanangkan,” ungkap Kepala Rutan Kelas II B Wonogiri Uri Dharma Yoga.

Baca Juga :  Kisah Inspiratif Pelda Widodo Babinsa di Tirtomoyo Wonogiri yang Sukses Berbisnis Bebek Petelur, Jadi Bekal Masuki Masa Pensiun, 2 Anaknya Ikuti Jejak Jadi Anggota TNI

Salah satu alasan dipilihnya Rutan Kelas II B Wonogiri sebagai ajang deklarasi tersebut karena Rutan Wonogiri telah meraih WBK pada 2019 lalu dari Kemendagri. Sehingga lembaga ini patut menjadi percontohan Satker lainnya.

“Inti dari semua kegiatan ini adalah meningkatkan pelayanan, baik Lapas atau Rutan terhadap warga binaan ataupun masyarakat yang hendak menjenguk keluarganya,” ungkap dia.

Baca Juga :  Bedah Rumah Milik Bambang di Kamalan Kidul Giriwoyo Wonogiri, Merawat Gotong Royong di Tengah Pandemi

Program deklarasi dan pencanangan menuju WBK/WBBM harus kelar sebelum bulan ini berakhir. Seluruh Satker di Jawa Tengah harus sudah menggelar deklarasi tersebut.

Kegiatan tersebut disaksikan pihak Kementerian Hukum dan HAM Jateng yang diwakili Kepala Divisi Keimigrasian Isti Winahyu Nur Handayani, Asisten I Sekda Wonogiri Bambang Haryadi, Kasdim 0728/ Wonogiri Mayor Inf Mayor Inf Nurul Muthahar, Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing, Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Agus Iriyawan Yustisiyanto, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi, Kepala Upt Pemasyarakatan se-eks Karesidenan Surakarta, Kantor Imigrasi Surakarta Said Ismail. Aria