JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Simak Tips Berkendara Aman Saat Hujan Deras dan Angin Kencang Ala Kompol Mashudi

Kompol Mashudi
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Kompol Mashudi

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejak beberapa hari belakangan ini, sejumlah wilayah di kabupaten Pekalongan diguyur hujan mulai dari intensitas ringan hingga deras diserta petir.

Melihat kondisi tersebut, Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi menghimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya di jalan raya.

“Sekarang ini musim hujan, diimbau kepada pengemudi roda empat dan roda dua agar lebih berhati-hati dalam berkendara karena kondisi jalan licin, sehingga terhindar dari kecelakaan dan patuhi peraturan lalu lintas,” kata dia Selasa (14/1/2020).

Baca Juga :  Aksi Pelukis Sketsa dari Komunitas Semarang Sketchwalk Bikin Terpana Gubernur Ganjar

Lebih lanjut ia mengatakan, khusus untuk pengendara roda dua sebaiknya tidak melanjutkan perjalannya apabila hujan turun. Sebab, jika hujan, jarak pandang tentu tidak setajam jika cuaca cerah.

“Hujan deras dapat menganggu jarak pandang pengendara, langkah yang paling tepat kurangi kecepatan perhatikan rambu lalu lintas dan pengendara lain dijalan raya. Kalau perlu pengendara roda dua sebaiknya berteduh dulu kalau hujan, namun jangan berteduh dibawah pohon,” ujarnya.

Baca Juga :  Masyarakat Kudus Deklarasikan Aksi Cinta Damai, Tolak Anarkisme

Dan yang tidak kalah pentingnya sebelum mengendarai kendaraan, terlebih dahulu mengecek kendaraan dan surat-surat kelengkapan kendaraan.

“Sebelum bepergian kita harus mengecek fisik kendaraan seperti ban, spion, lampu dan sebagainya agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk kelengkapan surat harus dipersiapkan,” katanya. JSnews