JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sudah 4 Hari, Kakek 70 Tahun Dilaporkan Hilang Misterius di Hutan Sendang Lereng Lawu Karanganyar. Ratusan Relawan Dikerahkan Lakukan Pencarian

Gunung Lawu. Foto/Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Gunung Lawu. Foto/Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Gimin (70) warga Dukuh Banjarsari RT03/09, Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, yang dinyatakan hilang sejak selasa (28/01/2020) lalu.

Hingga empat hari, ratusan personel dikerahkan untuk melakukan pencarian. Namun hingga saat ini keberadaan korban masih belum ditemukan.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menuturkan kronologi awal kejadian Selasa(28/01/20) pukul 06.15 WIB, survivor keluar dari rumah menuju arah hutan Sendang.

Pukul 14.20 survivor bertemu dengan Darmo (48) yang saat itu sedang mencari rumput di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu.

“Berdasarkan keterangan saksi, korban yang sudah pikun tersebut, berjalan naik ke atas menuju hutan Sendang. Sebenarnya telah diperingatkan untuk tidak naik ke hutan namun tidak dihiraukan oleh korban,” tegas Yahya.

Baca Juga :  Satu-Satunya di Karanganyar, SMA Ini Punya Kelas Unggulan 2 Tahun Lulus. Kasihan Murid Jenuh Kelamaan di Rumah, 432 Siswa Langsung Dimasukkan Untuk Ikuti Orientasi Sekolah

Berdasarkan informasi tersebut, Kepala Basarnas Semarang memperintahkan koordinator Basarnas pos SAR Surakarta Arif Sugiarto untuk melakukan pencarian dan pertolongan disertai dengan alat vertikal rescue.

“Operasi pencarian tim SAR gabungan dengan metode Explore SAR . Pencarian diawali dengan mengumpulkan segala informasi dari warga sekitar tentang kondisi mengenai jalur menuju hutan Sendang,” ungkap Arif.

Menurutnya, saat ini kondisi cuaca sekitar Sendang hujan. Ia berharap tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian dan survivor secepatnya bisa ditemukan.

Baca Juga :  Sebut Ada Pemaksaan Gamblang, Eks Ketua PSSI Karanganyar Desak Bupati Bekukan Kepanitiaan Kongres. Ketua Panitia Kekeh Kongres Jalan Terus No Problem

Disisi lain, proses pencarian yang dilakukan hingga hari Jumat (31/01/2020), belum juga ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. Padahal, proses pencarian telah diperluas dari lokasi awal yang berada di Dusun Sendang.

“Pencarian di hari keempat dilakukan dengan melibatkan setidaknya oleh 100 personel dari 16 organisasi termasuk SAR Karanganyar. Menurutnya, sesuai SOP pencarian akan terus dilakukan hingga hari ketujuh. Meski demikain, kami tetap akan berusaha maksimal untuk menemukan Gimin,” ujarnya. Wardoyo