JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Dengan Aplikasi BTN Properti Mobile, Kini Kaum Milenial Bisa Pilih Rumah dan Ajukan KPR Lewat Ponsel

Ilustrasi beli rumah. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian memanjakan para generasi muda yang ingin segera memiliki hunian.

Bagaimana tidak, belum lama ini, perseroan telah meluncurkan aplikasi BTN Properti Mobile versi android.

Dengan adanya aplikasi itu, kaum milenial kini bisa dengan mudah mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) hanya lewat ponsel di genggaman.

Kepala BTN Cabang Solo Deddy Armanto, menjelaskan aplikasi BTN Properti Mobile merupakan portal properti terbesar di Indonesia, di mana salah satu fitur yang ditawarkan adalah daftar properti yang tersedia di seluruh wilayah Tanah Air.

Dia pun menjamin daftar properti berupa proyek perumahan yang telah masuk ke dalam aplikasi secara kualitas maupun legalitas jelas aman.

Pasalnya, para pengembang perumahan yang proyeknya sudah masuk ke dalam aplikasi secara otomatis sudah bekerja sama atau terverifikasi oleh BTN.

“Developer yang produknya telah terdaftar di BTN Properti, sudah bekerja sama dengan kami, sehingga kualitas perumahan dan legalitas relatif aman,” jelas Deddy saat diwawancarai, Senin (24/2/2020).

Ketika ditanya terkait pengajuan KPR atas rumah yang tidak terdaftar di aplikasi BTN Properti Mobile, Deddy menuturkan, tetap bisa diproses lewat aplikasi. Caranya, yakni dengan mengisi nama perumahan yang hendak dituju di formulir pengajuan kredit online.

Namun, ketika melakukan hal ini, dia menganjurkan kepada siapa saja untuk lebih dulu memastikan legalitas sertifikat tanah dan izin mendirikan bangunan (IMB) yang dimiliki oleh pengembang perumahan.

Selama pengembang bisa menunjukkan legalitas sertifikat dan IMB, mereka sudah cukup dipercaya.

“Di luar daftar yang tersedia di aplikasi, mohon untuk memastikan legalitas sertifikat dan IMB,” tutur dia.

Deddy mengakui belum semua pengembang yang sudah menjalin kerja sama dengan BTN Cabang Solo telah mendaftarkan produk mereka ke aplikasi BTN Properti Mobile.

Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena persoalan waktu saja. Di mana, BTN Cabang Solo butuh waktu untuk melakukan sosialiasai atau koordinasi dengan sejumlah developer yang bergerak di Soloraya.

“Kami sedang berupaya, bagi semua pengembang yang sudah meneken PKS [perjanjian kerja sama] dengan Bank BTN, untuk bisa join ke BTN Properti,” jelas Deddy.

Baca Juga :  Gethuk Bakar Khas Ungaran, Jajanan Tradisional Yang Dikemas Kekinian

Selama daftar perumahan dan pengembang yang tersedia di aplikasi belum lengkap, BTN Cabang Solo akan membuka kesempatan lebar bagi siapa saja untuk bertanya mengenai KPR secara langsung maupun via telepon.

Bank BTN Cabang Solo siap menjawab setiap pertanyaan dari para calon nasabah, termasuk menyediakan daftar pengembang maupun perumahan di Soloraya yang kredibel.

Seorang warga Desa Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Irawan Sapto, 27, merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas BTN Cabang Solo.

Dia mengaku belum lama ini sempat mencari hunian baru lewat aplikasi BTN Properti Mobile. Irawan mengakses aplikasi karena memiliki rencana pindah rumah yang berada lebih dekat dengan tempat kerjanya sekarang.

Dia mulanya kurang puas karena tak mendapati ada cukup banyak pilihan perumahan yang tersedia di aplikasi setelah memasukkan kata kunci “Karanganyar” di kolom lokasi yang diinginkan.

Dia pun kemudian menghubungi Kantor BTN Cabang Solo untuk mengonfirmasi ketersediaan perumahan di Karanganyar yang bisa diakses secara KPR.

Dia pun terkesan dengan respons yang ditunjukkan petugas Bank BTN Cabang Solo.

Menurut Irawan, petugas Bank mengakui jika belum semua produk perumahan yang disediakan pengembang yang bekerja sama dengan BTN masuk ke aplikasi BTN Properti.

Sebagai gantinya, petugas siap memberikan informasi secara langsung mengenai daftar perumahan yang berada di lokasi yang diinginkan.

Hal itu benar terjadi. Menurut Irawan, melalui pesan WhatsApp (WA), petugas Bank BTN tidak berselang lama memberikan sejumlah pilihan perumahan berikut juga nomor pejabat marketing dari pihak developer yang bisa dihubungi.

“Pelayanannya cocok sekali buat anak muda yang selalu ingin cepat dapat informasi dan konfirmasi,” tutur Irawan.

Diwawancarai terpisah, Kepala KCP Bank BTN Karanganyar, Aurelia Anjar Budi Utami, juga membenarkan belum semua perumahan yang dikembangkan developer yang telah bekerja sama dengan BTN masuk dalam daftar perumahan di aplikasi BTN Properti Mobile.

Baca Juga :  Turun Harga Lagi, Emas Batangan Antam Jadi Rp 1.002.000 per Gram

Namun, dia mengimbau bagi siapa saja, terutama para generasi milenial untuk tidak khawatir jika ingin mengajukan KPR atas perumahan yang belum terdaftar dalam aplikasi.

Petugas siap membantu mengonfirmasi legalitas pengembang perumahan yang ingin dituju.

Petugas juga siap memberikan informasi mengenai daftar perumahan yang masuk binaan BTN.

BTN Cabang Solo tentu menargetkan ke depan informasi mengenai semua perumahan produk pengembang binaan BTN bisa tersaji di aplikasi BTN Properti Mobile.

Dengan begitu, masyarakat bisa makim mudah mengakses informasi mengenai kepemilihan rumah.

Selain memiliki fitur 4D Tour Services yang membuat penggunanya dapat melihat unit rumah tanpa harus ke lokasi, aplikasi BTN Properti diketahui juga memiliki fitur lain, seperti tracking pengajuan kredit secara real time sehingga dapat mengetahui status permohonan kredit.

Bank BTN juga menawarkan fasilitas booking atau fee payment melalui e-channel lewat pemanfaatan aplikasi keluaran akhir tahun 2019 itu.

Tidak berhenti di situ, calon debitur juga bisa langsung mengajukan permohonan KPR secara online melalui aplikasi BTN Properti Mobile atau dapat pula mengakses lewat laman www.btnproperti.co.id.

Selain meluncurkan aplikasi BTN Properti Mobile, Bank BTN belum lama ini juga telah melakukan Relaunching Program KPR Gaeesss For Millenials dengan tampilan baru yang lebih menarik.

Program KPR tersebut diracik sesuai dengan karakteristik kaum milenial yang menginginkan layanan yang dapat dengan mudah diakses dan cicilan yang terjangkau.

KPR Gaeesss For Millenials merupakan kredit untuk pemilikan hunian bagi kaum milenial berusia 21-35 tahun.

Bank BTN pun siap memberikan berbagai gimmick menarik, di antaranya bebas biaya admin, suku bunga single digit, diskon provisi 50%, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

Bank BTN juga tidak mengikat para debitur dengan membebaskan mereka dari pengendapan dana. Perseroan juga menawarkan fasilitas berupa memasukkan biaya proses akad kredit KPR ke plafon kredit. Selain itu, program ini pun dapat di-bundling dengan KPR Zero yang meliburkan pembayaran pokok selama 2 tahun. Prihatsari