JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pembangunan Flyover Purwosari, Dishub Solo Minta Masyarakat Bijak Sikapi Kemacetan dengan Lakukan Ini

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM – Tidak dapat dipungkiri, pembangunan flyover Purwosari memberikan dampak kepadatan lalu lintas di sejumlah titik di Solo. Terkait hal itu, Dinas Perhubungan Kota Solo meminta kepada masyarakat untuk bijak menyikapi hal itu.

Kepala Bidang Lalin Dishub Solo, Ari Wibowo mengungkapkan, masyarakat dapat melakukan empat manajemen waktu yang disarankan dari Dishub Solo untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas sebagai dampak pembangunan flyover Purwosari.

“Yang pertama Manajemen Waktu perjalanan. Yaitu pilih waktu yang tepat dalam melakukan perjalanan, hindari jam sibuk berangkat sekolah atau kerja dan pulang sekolah/kerja. Bisa berangkat lebih awal atau setelah jam sibuk selesai,” urainya, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga :  Sempat Diamankan, 27 Orang Termasuk Anggota PSHT Dipulangkan, Motor Tetap Ditahan

Kemudian yang kedua Manajemen Rute Perjalanan. Pilih rute perjalanan yang tidak melalui daerah terdekat terdampak yaitu memilih rute perjalanan memutar namun lebih lancar sangat disarankan.

“Ketiga Manajemen Moda Transportasi yang digunakan. Yang biasa bawa mobil pribadi, beralih lah ke kendaraan yang lebih kecil dimensinya seperti sepeda motor/sepeda, atau naik angkutan umum, atau juga menerapkan car pooling anak sekolah/pekerja dimana anak/pekerja yang berangkat-pulang kerja dari/ke suatu wilayah yang sama bisa berangkat-pulang bersama juga (dari yang biasanya masing-masing bawa mobil, berganti jadi satu mobil untuk bersama-sama),” imbuh Ari.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

Yang terakhir adalah Manajemen Maksud Perjalanan. Lakukan perjalanan yg sesuai dengan kebutuhan maksud perjalanan.

“Minimalkan maksud perjalanan yang tidak penting yang melintas kawasan terdampak MRLL, misalnya biasanya belanja dua hari sekali, bisa diganti seminggu sekali. Semoga saran ini bermanfaat,” tegas Ari. Triawati PP