loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Karya pengabdian kepada masyarakat kembali ditunjukkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Januari-Februari 2020.

Setelah sejumlah aksi nyata, seperti workshop pembuatan tas ramah lingkungan oleh Tim KKN UNS di Desa Krambilsawit, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini giliran Tim KKN UNS Wonosari Malang yang unjuk aksi dengan mendampingi warga Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang membuat sirup rosella yang memiliki nilai jual tinggi.

Rosella yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa memang dipercaya sebagai bunga yang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antidepresan, dan mencegah tumor dan kanker. Sejumlah manfaat itulah yang pada akhirnya membuat warga Desa Sumberdem tertarik untuk menanam rosella.

Salah satu anggota divisi media KKN Wonosari, Malang, Dhifa Azalia Ars Abdin, mengatakan bahwa warga Desa Sumberdem sudah tertarik untuk menanam rosella sejak setengah tahun yang lalu. Ketertarikan warga terhadap rosella tersebut rupanya mendapatkan dukungan serius dari Kepala Desa (Kades) Sumberdem, Purwati, S. E.

Baca Juga :  Melayat, Gubernur Jatim Khofifah Ceritakan Wasiat Bu Noto

“Nah, awalnya itu ada satu warga yang menanam rosella terus manfaatnya ternyata banyak jadi ingin diluasin jadi se-desa. Dan didukung juga sama Bu Kadesnya gara-gara bagus buat program desanya itu. Rosella ini baru dirintis gitu di desa ini kira-kira baru 5-6 bulanan,” kata Dhifa dalam keteranganya, Rabu (5/2/2020).

Agar warga Desa Sumberdem dapat mengolah rosella menjadi produk olahan yang menghasilkan, Tim KKN UNS Wonosari, Malang mendatangkan Ida Zuliana yang merupakan Kepala Seksi Industri Olahan Makanan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang dan Dominicus Ribut Widodo yang merupakan Penyuluh Pertanian Lapangan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang untuk menyampaikan materi seputar budidaya, motivasi wirausaha, dan perizinan produk.

Baca Juga :  Jokowi: Ibu Sudah 4 Tahun Menderita Kanker, Sudah Berobat ke Dokter Manapun, Namun Allah SWT Berkehendak Lain

Acara penyuluhan dan penyampaian materi digelar pada Sabtu (1/2/2020) bertempat di Balai RW 6 Dusun Ambya’an. Selanjutnya, untuk semakin memperdalam pembuatan sirup rosella, warga diajak untuk melihat secara langsung pembuatan sirup rosella yang diperagakan langsung oleh Rifqi Dhiya Fauzan yang merupakan mahasiswa asal Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Dengan terselenggaranya acara penyuluhan dan demo pembuatan sirup rosella diharapkan warga Desa Sumberdem dapat menjadikan rosella sebagai oleh-oleh khas dari desa tersebut. Triawati PP