JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tragedi Warnai Ujian SKD Hari Kedua Seleksi CPNS Sragen. Seratusan Komputer Peserta Mendadak Tak Bisa Dioperasikan, Apakah Berpengaruh ke Hasil?

Peserta ujian SKD CPNS Kabupaten Sragen yang mengikuti ujian di Gedung LKPPS Gondangrejo, Karanganyar. Foto/Wardoyo
Peserta ujian SKD CPNS Kabupaten Sragen yang mengikuti ujian di Gedung LKPPS Gondangrejo, Karanganyar. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Sragen 2019 di hari kedua, Selasa (4/2/ 2020) diwarnai tragedi. Seratusan komputer peserta ujian seleksi kompetensi dasar mendadak hang dan tak bisa dioperasikan.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , insiden itu terjadi pada pelaksanaan ujian SKD sesi keempat yang berlangsung sore hari tadi.

Di salah satu ruangan mendadak ada sekitar 100 an komputer beserta yang tengah mengerjakan ujian tiba-tiba error.

“Iya tadi memang sempat ada tragedi komputer mendadak hang. Ada seratusan komputer di satu ruangan yang mendadak tidak bisa dioperasikan. Mungkin backbone kabel utama yang menghubungkan dengan komputer itu kesampar peserta,” papar Kepala kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia BKP SDM Sragen Sutrisna seusai ujian di gedung LKPPS Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga :  Melonjak Tambah 10 Warga Positif Hari Ini, Jumlah Kasus Covid-19 Sragen Jadi 466 Kasus. Jumlah Warga Meninggal Terus Bertambah Jadi 62 Orang

Meski demikian, tragedi itu dipastikan tidak mempengaruhi hasil pekerjaan seratusan peserta di ruangan tersebut. Pasalnya insiden itu terjadi di 10 menit terakhir menjelang berakhirnya waktu ujian sesi keempat.

Sutrisna menguraikan tragedi komputer hang itu kebetulan terjadi di saat hampir mayoritas peserta di ruangan itu juga banyak yang sudah selesai mengerjakan.

“Tadi kejadiannya di salah satu ruangan tapi bukan yang isi 450 peserta. Cuma sekitar 10 menit dan langsung teratasi. Kejadiannya di sesi ke-4 saat wis meh berakhir tapi wis akeh sing pada submit dan banyak yang rampung. Sehingga relatif tidak mempengaruhi hasil dan tidak masalah,” tegasnya.

Baca Juga :  Duh, Satu Peserta Ujian SKB CPNS Sragen Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19. Keluarga Ajukan Penundaan, Begini Respon BKN!

Di luar insiden itu, Sutrisna memastikan bahwa pelaksanaan ujian SKD di hari kedua berlangsung relatif lancar. Ia menambahkan untuk hari kedua ujian digelar selama 5 sesi dengan masing-masing sesi untuk 450 peserta.

“Kami pastikan tidak mempengaruhi hasil dan tidak masalah,” tandasnya.

Ditambahkan, untuk hari ketiga atau hari terakhir besok, ujian tetap akan digelar selama 5 sesi dari pagi hingga sore. Pihaknya kembali menekankan kepada semua peserta untuk datang minimal 90 menit sebelum jadwal ujian digelar.

Kemudian, peserta juga diharapkan segera memasuki ruangan 90 menit sebelum waktu ujian.

Hal itu dimaksudkan karena ada beberapa rangkaian yang harus diikuti mulai dari penitipan barang, pemeriksaan, dan pendaftaran PIN register. Wardoyo