JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Polisi: Pengadilan Sahkan Pergantian Kelamin Muhammad Fatah Menjadi Perempuan Bernama Ayluna Putri Alias Lucinta Luna

Lucinta Luna. IG @lucintaluna

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Polisi menyatakan artis Lucinta Luna telah mengganti jenis kelamin menjadi perempuan dan telah disahkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut, putusan itu dikeluarkan pada Desember 2019.

Lucinta Luna pun mengganti namanya dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri.

“Putusan pengadilan sudah menyatakan bahwa yang bersangkutan (Lucinta Luna), pertama menerima permohonan dari pemohon untuk perubahan jenis kelamin dari laki-laki menjadi seorang wanita dengan nama yang lama adalah MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri),” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/2).

Yusri menuturkan, setelah PN Jakarta Selatan mengeluarkan putusan itu, Lucinta pun mengganti jenis kelaminnya pada akta kelahiran dan paspor. Yusri pun mengklarifikasi mengenai pernyataan pada konferensi pers kasus penyalahgunaan narkoba Lucinta sebelumnya yang menyebut bahwa di paspor Lucinta masih tertera laki-laki.

Baca Juga :  Nunung Diisukan Positif Covid-19 dan Dirawat di Wisma Atlet, Ini Kata Adik: Memang Sedang Sakit

Dia menjelaskan, saat itu Lucinta menyerahkan paspor lamanya kepada polisi sehingga informasi mengenai jenis kelaminnya belum diganti. “Kemarin saya juga sampaikan bahwa di KTP-nya itu jenis kelamin perempuan dan juga (jenis kelamin) paspor adalah laki-laki. Memang betul (ada perbedaan informasi jenis kelamin) karena kemarin yang diserahkan ke kita paspor yang lama,” ungkap Yusri.

“Tapi setelah keluar putusan pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap, dia sudah membuat lagi paspor yang baru dengan jenis kelamin perempuan,” sambung dia.

Sebelumnya, polisi masih belum bisa menentukan akan menahan Lucinta di sel mana. Sebab, jenis kelamin artis tersebut masih belum jelas.

Baca Juga :  Nunung Beserta Anak, Cucu, Menantu, dan Asistennya Dikonfirmasi Positif Covid-19. Ini Kata Keluarga: Ini Bukan Aib, Tidak Harus Ditutup-tutupi

Atas perbuatannya, Lucinta Luna dikenakan Pasal 62 Juncto Pasal 71 Undan-undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap artis Lucinta Luna bersama tiga orang lainnya terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Keempatnya ditangkap di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (11/2) pagi.

Saat menggeledah lokasi tersebut, polisi mengamankan pil yang diduga ekstasi. Pil itu ditemukan di tempat sampah. Selain itu, polisi juga menemukan dua jenis obat penenang dari dalam tas Lucinta Luna, yakni Tramadol dan Riklona.

www.republika.co.id