JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Terseret Ombak Pantai Parangtritis, 2 Mahasiswa Meninggal Dunia

Sarlinmas Parangtritis, Basarnas, Ditpolair Polda DIY dan sejumlah potensi SAR melakukan upaya pencarian terhadap korban tenggelam di Pantai Parangtritis, Minggu (9/2/2020). Tribun Jogja/Ahmad Syarifudin

JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua orang mahasiswa dilaporkan meninggal dunia setelah terseret ombak di Pantai Parangtritis pada hari Sabtu (9/2/2020) pukul 23.00 WIB.

Peristiwa ini berawal dari rencana delapan orang untuk melakukan perjalanan wisata ke Pantai Parangtritis. Rombongan tiba ke Pantai Parangtritis pukul 22.00 WIB dengan menggunakan sepeda motor dan saling berboncengan.

Awalnya, mereka hanya berbincang di tepi pantai. Selang tak lama, ketujuh dari delapan orang berinisiatif bermain air.

Mereka tidak sadar jika telah menyentuh area palung laut dan terseret ke tengah laut. Kelima orang terselamatkan namun dua orang atas nama Jeven Samuel (20) dan Eagan Chang Wen Tan (20) terseret ombak.

Pukul 03.00 WIB korban atas nama Eagan Chang Wen Tan (20) berhasil ditemukan oleh SAR Linmas wilayah 3 Parangtritis dalam keadaan meninggal dunia dan korban dibawa ke RS Bhayangkara DIY.

Baca Juga :  Yogyakarta Terdapat Tambahan 74 Kasus Covid-19

Sementara korban Jeven Samuel baru ditemukan pada Minggu (9/2/2020) pukul 08.00 WIB oleh tim gabungan yang terdiri dari Kantor Basarnas Yogyakarta, Polsek Kretek, Koramil Kretek, DitPolair Polda DIY, BPBD Bantul, PMI Bantul, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 3 Parangtritis, Sar MTA, Code X, Pitoe Rescue, Sar Semesta dan nelayan.

“Untuk pencarian hari 1 ini tim SAR gabungan dibagi menjadi 4 SRU,” ujar Dantim Basarnas Dedi Prasetya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com

Ia mengatakan, SRU 1 dengan jumlah 15 personil Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dengan berjalan kaki ke arah barat dari titik korban.

Korban diduga terseret ombak sampai ke titik salah satu korban ditemukan.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19, Wisatawan Malioboro Dilarang Salat di Masjid Kompeks DPRD untuk Sementara

SRU 2 dengan jumlah empat personil Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dengan menggunakan Amphibius ke arah timur sampai Parangendog.

SRU 3 berjumlah dua orang tim SAR gabungan melakukan penyisiran ke arah barat menggunakan Beach patrol sampai muara Pantai Samas.

“Kemudian untuk SRU 4 dengan Jumlah lima personil Tim SAR Gabungan melakukan pencarian menggunakan perahu Jukung Sar Linmas wilayah 3 ke arah timur sampai Pantai Samas (tentative sesuai cuaca),” tambahnya.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi SAR 1 orang terseret ombak di Pantai Parangtritis terdiri dari Kantor Basarnas Yogyakarta, Polsek Kretek, Koramil Kretek, DitPolair Polda DIY, BPBD Bantul, PMI Bantul, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 3 Parangtritis, Sar MTA, Code X, Pitoe Rescue, Sar Semesta dan nelayan.

www.tribunnews.com