loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Merebaknya virus Corona merambah dunia kampus. Selain mengganti kuliah tatap muka dengan kuliah online, kini sebagian besar masjid-masjid kampus di Solo memilih untuk meniadakan Sholat Jumat hingga batas yang belum ditentukan.

Salah satu masjid kampus yang memutuskan untuk meniadakan Sholat Jumat adalah Masjid Nurul Huda (NH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Terhitung sejak Jumat (20/3/2020), takmir masjid NH memberikan pengumuman untuk meniadakan Sholat Jumat. Pengumuman diterbitkan melalui Surat edaran (SE) dengan nomor 022/NH-UNS/B/III/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah di Masjid Nurul Huda UNS Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Baca Juga :  KAI Daops IV Yogyakarta Perpanjang Pembatalan Operasional KA Reguler Jarak Jauh Hingga 30 Juni 2020

Dalam surat yang dikeluarkan tanggal 19 Maret 2020 dan ditandatangani Ketua Takmir, Ahmad Yunus tersebut mengatakan sholat Jumat ditiadakan dengan beberapa pertimbangan.

Hal sama terjadi di Masjid Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Menurut Ketua Takmis Masjid di UMS, Syamsul Hidayat, sebanyak lima masjid di lingkungan kampus UMS memutuskan untuk meniadakan Sholat Jumat.

Baca Juga :  Daftar Terbaru Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia Yang Mulai Terapkan New Normal di Tengah Pandemi Covid-19. Ternyata Tak Ada Nama Jawa Tengah, Sragen, Solo dan Karanganyar!

“Pemberitahuan terkait peniadaan sementara sholat Jumat ini dilakukan melalui pengumuman dan pemberitahuan di pintu-pintu masjid. Kalau sholat Jumat sementara ditiadakan karena virus Corona. Namun jika ada warga yang sholat dhuhur di masjid ya tidak dilarang,” ujarnya, Jumat (20/3/2020).

Bentuk antisipasi penyebaran virus Corona juga dilakukan pihak.takmir masjid dengan menyediakan hand sanitizer di masjid, serta sabun cuci tangan di area tempat wudhu. Prihatsari