JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

DPR Ingin Rapid Test Lebih Dulu, Jokowi Lebih Prioritaskan Tenaga Medis

Presiden Joko Widodo saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020. Foto: tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Para wakil rakyat semula berniat menjalani rapid tes bersama dengan keluarganya. Namun demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memprioritaskan rapid tes untuk para tenaga medis.

“Tadi pagi saya telah perintahkan kepada Menteri Kesehatan agar rapid test diprioritaskan kepada dokter dan tenaga medis serta keluarganya terlebih dulu,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Selain para tenaga medis dan keluarga, Jokowi berujar yang diprioritaskan untuk rapid test adalah orang-orang yang bersinggungan dengan pasien Covid-19.

“Dan juga para ODP (orang dalam pantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) serta keluarganya. Ini yang harus didahulukan,” kata Jokowi.

Sebelumnya, DPR menyatakan bakal menggelar rapid test untuk anggota dan keluarganya. Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar sebelumnya mengatakan, rapid test direncanakan mulai pada Kamis, 26 Maret 2020.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sejumlah anggota DPR patungan membeli 40 ribu alat rapid test Corona dari Wuhan, Cina.

Dasco berujar selain digunakan untuk anggota DPR dan keluarganya alat itu juga akan disumbangkan ke rumah sakit-rumah sakit.

“Pembelian rapid test itu bukan dengan dana pemerintah atau APBN, tapi patungan dari kawan-kawan anggota DPR,” kata Dasco kepada Tempo, Jumat pekan lalu, 20 Maret 2020.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin mengatakan, DPR berinisiatif mengadakan rapid test itu karena banyak anggota Dewan yang bepergian ke daerah dan ke luar negeri selama masa reses.

 “Beberapa fraksi pengen mengadakan itu secara swasembada melalui dana fraksi masing-masing,” kata Azis.

www.tempo.co

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com