JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kesaksian Warga Penggali Liang Makam Ibunda Presiden Jokowi. Mengaku Kaget Tanahnya Sangat Gembur Saat Digali

Sejumlah warga menggali lubang makam untuk pemakaman ibunda Presiden Jokowi di pemakaman keluarga Jokowi di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu (25/3/2020) malam. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Sejumlah warga menggali lubang makam untuk pemakaman ibunda Presiden Jokowi di pemakaman keluarga Jokowi di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu (25/3/2020) malam. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Ada cerita di balik persiapan penggalian liang untuk pemakaman Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo di pemakaman keluarga besar Presiden Jokowi di Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Rabu (25/3/2020) malam.

Salah satu penggali kubur yang juga warga sekitar, Tukino (55) saat ditemui di lokasi makam, tadi malam mengungkapkan sama sekali tidak menyangka jika Ibunda Jokowi berpulang.

Ia mengaku kaget saat mendengar kabar meninggalnya almarhumah Noto, sapaan akrab dari ibunda Jokowi.

Ia mendapat kabar duka itu selepas pulang kerja menjelang Maghrib. Sehari-hari ia bekerja sebagai kuli bangunan.

Baca Juga :  Masyarakat KIM Karanganyar Dilatih Buat Akun Instagram dan Diminta Aktif Kelola Media Sosial Secara Positif. Ternyata Ini Tujuannya

“Kaget Mas, tidak nyangka kalau ibu dari Joko Widodo meninggal. Tadi didawuhi (diminta) Pak RW untuk menggali kubur,” paparnya kepada wartawan.

Tukino menguraikan, tugas sebagai penggali kubur bagi jenazah keluarga besar Jokowi bukan pertama kali dilakukannya. Sebelumnya ia juga pernah menggali liang lahat tempat persemayaman saudara kandung Jokowi beberapa waktu silam.

Malam tadi Tukino dan enam warga menggali liang kubur untuk Ibunda Jokowi. Total sebanyak 7 orang mulai menggali kubur selepas isya.

Sampai malam tadi, tidak ada kendala dalam menggali lihat lahat berukuran 2,10 meter x 1 meter dengan kedalam 2 meter.

Baca Juga :  Anak Pulang dari Jatim dan Klaten, Dua Ibu di Karanganyar Langsung Tertular dan Positif Terpapar Covid-19

“Alhamdulillah tidak ada kendala. Tanahnya gembur. Semoga besok (pemakaman) lancar,” ujarnya.

Kades Selokaton, Sutino menyampaikan, beberapa orang sudah mempersiapkan lokasi pemakaman sejak pukul 17.00 WIB tadi.

Sesuai permintaan keluarga, jenazah Sudjiatmi Notomiharjo akan disemayamkan di sisi timur dekat makam almarhum suaminya, Widjianto Notomiharjo.

“Rencana dimakamkan Kamis (26/3/2020) pukul 13.00. Tapi besok semua persiapan sudah selesai pukul 10.00,” katanya kepada wartawan ditemui di lokasi, Rabu (25/3/2020) malam. Wardoyo