JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Masker Hanya Satu Ukuran, Lantas Apa Anak Perlu Memakainya?

Ilustrasi. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masker yang beredar di masyarakat hanya satu ukuran, lantas apakah anak perlu memakai masker tersebut? Ahli respirologi anak dr Madeleine Ramdhani Jasin SpA menjelaskan, masker tidak hanya untuk orang dewasa. Masker juga dapat dipakai oleh anak.

Tetapi yang harus diperhatikan kesesuaiannya mengingat alat pelindung diri itu hanya tersedia satu ukuran.

“Jadi perhatikan pemasangannya agar masker terpasang menutupi hidung, wajah, dan dagu,” jelas Madeleine dalam Tanya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di Live Instragram pada akun resmi IDAI, Kamis (26/3/2020).

Madeleine mengungkapkan, penggunaan masker bertujuan untuk melindungi orang lain tertular penyakit pernapasan yang kita derita. Sementara itu, bagi petugas medis, masker dapat melindungi diri sendiri.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

“Karena tidak ada masker untuk anak, apalagi untuk bayi, sebaiknya orang dewasa di sekitarnyalah yang harus memakai masker ketika memiliki gejala gangguan saluran pernapasan, seperti batuk, pilek, demam,” kata Madeleine.

Sementara itu, bila bayinya yang sakit, misalnya demam, batuk dan pilek, sebaiknya di rawat dirumah. Untuk orang dewasa yang merawatnya, sebaiknya menggunakan masker dan tetap harus menjaga kebersihan tangan dengan sering mencucinya. Etika batuk yang baik dan tidak memegang bagian wajah dengan tangan yang kotor juga harus diterapkan.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Bagaimana dengan masker kain? Madeleine menjelaskan, hingga kini masker kain belum ada bukti ilmiahnya dalam hal efek proteksi.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan bahwa masker kain dapat digunakan sebagai upaya terakhir pada saat tak ada masker bedah sama sekali. Madeleine mengatakan, masker kain yang dilapisi tisu ataupun kassa steril prinsipnya sama dengan masker kain biasa, tak ada efek proteksi yang baik dari partikel virus.

Jadi masker kain digunakan sebagai upaya terakhir kalau terjadi krisis masker,” jelasnya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com