JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pelatihan BUMDes, Gubernur Ganjar Sentil BUMDes Jangan Hanya Andalkan Proposal!

Foto/Humas
   
Foto/Humas

SOLO, JOGLOSRMARNEWS.COM– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memotivasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk berkembang secara mandiri. Untuk itu, perlu pemetaan potensi yang tepat untuk dikembangkan sebagai usaha.

“Badan usaha itu ada modalnya, usahanya jelas, hitungannya jelas. Maka ada rumusnya. Jangan ngandalkan proposal,” ujar Ganjar, saat penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas BUMDes Kategori Dasar Provinsi Jawa tengah tahun 2020 di Surakarta, Jumat (13/3/2020)

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Dia menekankan, untuk menjalankan BUMDes mesti dipastikan sumber saham atau modalnya, serta pihak yang dapat menjalin kerjasama.

“Manajemennya harus bagus. Selain itu marketing-nya dibuat baik, agar bisa menarik itu bagaimana,” tutur orang nomor satu di Jateng ini.

Di hadapan para perwakilan BUMDes se-Jawa Tengah, Ganjar juga memberikan strategi pengembangan BUMDes, mulai hal yang mendasar dari kebutuhan masyarakat. Misalnya, pariwisata, kuliner hingga kebutuhan bahan pokok.

Baca Juga :  Sinergi dengan OJK dan BPRS Hikmah Khazanah, Lazismu Beri Santunan untuk 100 Guru di Solo

“Pariwisata, tempat selfie itu bagus. Sekarang orang kota suka datang ke desa yang alami. Mau buat kuliner, pariwisata atau sembako, sebenarnya sudah ada potensi,” imbuhnya.

Setelah pemetaan potensi tersebut, lanjut Ganjar, tugas pemerintah provinsi adalah mendampingi dalam pengembangannya.

“Tugas kita itu mendampingi, memberikan pelatihan-pelatihan,” tandasnya. JSnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com