JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Pria Berseragam Polisi Berpangkat Iptu Ini Nyaris Dimassa Karena Nekat Gondol HP Tapi Ogah Bayar

Foto/Humas Polda

loading...
Foto/Humas Polda

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota Satlantas Polres Purbalingga mengamankan seorang pria yang sedang dikejar massa di jalan raya dekat Pos Polisi Lalu Lintas Sirongge, Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga, Sabtu (21/3/2020).

Saat diamankan pria tersebut memakai seragam polisi berpangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu).

Pria yang diamankan tersebut diketahui berinisial RS (24) warga Desa Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta.

Walaupun memakai seragam polisi ternyata pria tersebut bukanlah polisi sebenarnya alias polisi gadungan yang mengaku bertugas di Polda DIY.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Indri Endrowati menyampaikan bahwa polisi gadungan diamankan anggota Satlantas saat sedang dikejar warga di sekitar Pos Polisi Sirongge. Warga mengejar pria tersebut karena membawa lari handphone.

Baca Juga :  Pengakuan 2 Maling Ayam Yang Bikin Resah Warga di Kali Gondang. Malingnya Berkali-Kali, Hasilnya Buat Beginian!

Dari keterangan yang didapat, sebelum dikejar warga, pria tersebut memesan sebuah handphone kepada Tony Abyanto (24) warga Desa Binangun, Kecamatan Mrebet. Setelah memesan kemudian disepakati transaksi di jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga.

“Setelah handphone diserahkan, pria tersebut kemudian masuk ke dalam rumah yang merupakan tempat kos dimana dia menginap dengan alasan mengambil uang. Namun dia justru keluar rumah melalui pintu belakang,” jelas Indri.

Karena merasa dibohongi, pemilik handphone kemudian mengejar pelaku dan meneriakinya maling. Warga sekitar yang mengetahui kejadian kemudian membantu mengejarnya. Pelaku akhirnya ditemukan di pinggir jalan saat hendak kabur menggunakan bus.

Baca Juga :  Global Qurban-ACT Buka Kesempatan Lapangan Kerja Melalui Agen Filantropi Qurban

“Namun karena pelaku mengenakan seragam polisi, warga ragu apakah itu pencuri atau bukan. Seragamnya pangkatnya Iptu,” terangnya.

Warga yang sudah berkerumun hendak menghakimi pelaku. Kebetulan lokasi itu tak jauh dari Pos Polisi Lalu Lintas Sirongge. Dua anggota Satlantas, Bripka Sadomo dan Bripka Agus Miswanto yang datang ke lokasi kemudian mengamankan polisi gadungan tersebut.

“Pelaku kemudian dibawa ke Pos Polantas dan dimintai keterangan. Kemudian pelaku diserahkan ke Satreskrim Polres Purbalingga untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. JSnews