loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Diketahui setidaknya lima warga Jawa Tengah suspect virus Corona. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi RSUD Dr Moewardi, Rabu (4/3/2020).

“Awalnya ada 26 warga suspect Corona, namun kemudian 21 orang sudah dinyatakan negatif. Sedangkan lima diantaranya masih dirawat intensif di RS. Satu warga dirawat di RSUD Banyuwangi dan empat lainnya di RSUP Kariadi,” paparnya.

Baca Juga :  Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, PGS Aman untuk Berbelanja Saat Corona, Ada Mini Bazar UMKM

Namun demikian, Ganjar meminta agar masyarakat tidak takut atau panik dalam menghadapi virus Corona. Yang terpenting, lanjutnya, masyarakat disarankan banyak mengkonsumsi makanan sehat, banyak istirahat dan sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun.

“Tidak usah menggunakan masker. Masker itu hanya untuk yang sakit. Yang paling efektif ya sering-sering mencuci tangan dan menjaga kondisi tubuh tetap kuat,” ujarnya.

Baca Juga :  Wali Kota Solo, Pegawai DKK, Camat, Lurah Hingga Karyawan Puskesmas Jalani Rapid Test, Kira-kira Ada Apa Ya?

Ganjar menambahkan, Pempeof Jateng juga telah menyiapkan 10 RS rujukan untuk pasien suspect Corona.

“Semua sudah siap. Seperti di RSUD dr Moewardi Solo ini, sudah dicek dan semuanya siap. Mulai dari SOP sudah siap, ruang isolasi, peralatan hingga tenaga medis semuanya sudah siap,” tukasnya. Prihatsari