JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Berani Berulah Lagi, Napi Asimilasi Corona Bakal Dikurung di Sel Isolasi

Ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan bakal mencabut hak asimilasi dan integrasi ribuan narapida dan anak jika mereka kembali berulah.

Sebagaimana diketahui, ribuan narapidana mendapat asimilasi di tengah pandemi virus Corona atau  Covid-19.

“Apabila mereka melanggar semua aturan disiplin, maka mereka harus kembali ke dalam lembaga, menjalankan sisa pidana ditambah pidana yang baru, setelah putusan hakim,” ujar Plt Dirjen Pemasyarakatan Nugroho melalui keterangan tertulis, Jumat (10/4/2020).

Selain itu, para narapidana dan anak yang kembali melakukan tindak pidana, akan dimasukkan sel pengasingan. Mereka juga tak mendapat hak remisi sampai waktu tertentu.

Nugroho pun meminta masyarakat tidak perlu cemas. Sebab, mereka yang menjalani program asimilasi dan integrasi tetap berada dalam pantauan Lembaga Pemasyarakatan, Balai Pemasyarakatan dan penegak hukum.

Selain itu, kata Nugroho, para narapidana dan anak yang diberikan asimilasi dan integrasi juga telah melalui tahap penilaian perilaku, yakni terbukti berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan dan tidak melakukan tindakan  pelanggaran disiplin dalam lembaga.

www.tempo.co

Baca Juga :  Virus Corona Jangkiti 115 Orang Pegawai KPK