JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Di Tengah Pandemi COVID-19, Petani Mesti Turun ke Sawah Untuk Jaga Ketahanan Pangan

   
Panen raya padi di Desa Wiroko Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri. Dok. Luluk


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM  – .Pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini, para petani harus tetap turun ke sawah demi tercukupinya kebutuhan pangan. 

Namun harus tetap waspada ketika melakukan panen, untuk menghindari penyebaran COVID-19. 

“Kalau masalah kebutuhan pangan menjadi persoalan maka tidak ada yang tidak bisa kita lakukan,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, Luluk Nur Hamidah, di Desa Wiroko Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri melihat langsung panen raya padi organik oleh kelompok Tani Taman Asri yang di komandani  Purwanto, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga :  Semarak Semangat Kartini Wonogiri Padukan Kreativitas dan Kemerdekaan Belajar

Menurut dia, dalam masalah ketahanan pangan pada saat pandemi COVID-19 ini semua pihak harus saling bahu membahu dan peduli akan persoalan yang dihadapi petani. Karena petani merupakan ujung tombak masalah kedauatan dan ketahanan pangan. Pemerintah harus hadir demi tercukupinya kebutuhan pangan rakyat dengan membantu petani supaya produktivitas hasil pertaniannya meningkat. 

Baca Juga :  Dugaan Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, 1 Orang Pemilik Pekarangan Diamankan

Lebih lanjut Mbak Luluk menyebut bahwa sektor pertanian menjadi harapan dan tulang punggung dalam rangka ketersediaan pangan pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. 

Untuk meningkatkan produktivitas petani, Mbak Luluk mendorong petani  bisa memanfaatkan KUR dengan bunga sangat ringan. Alokasi anggarannya untuk sektor pertanian sekitar Rp 50 triliun, saat ini baru terserap beberapa triliun saja.  Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com