JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dispenser Meledak, Rumah Warga Sidoharjo Sragen Terbakar Hebat. Satu Penghuni Jadi Korban Alami Luka Bakar 80 %

TIm gabungan pemadam kebakaran dan Relawan saat memadamkan sisa api di rumah dan toko milik warga di Kleco, Sidoharjo, Sragen, Jumat (10/4/2020). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
TIm gabungan pemadam kebakaran dan Relawan saat memadamkan sisa api di rumah dan toko milik warga di Kleco, Sidoharjo, Sragen, Jumat (10/4/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kebakaran hebat melanda rumah sekaligus toko milik warga di Dukuh Kleco Wetan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Jumat (10/4/2020) dinihari.

Tak hanya meludeskan toko, kebakaran juga membuat pemilik rumah dilarikan ke rumah sakit akibat tersambar kobaran api.

Data yang dihimpun, kebakaran melanda rumah milik Wagino (55) warga Dukuh Kleco Wetan RT 9. Sugino sendiri kini masih menjalani perawatan intensif di RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen.

Dasarkan data di lapangan, sekarang terjadi pada pukul 03.30 WIB. Kebakaran kali pertama diketahui oleh istri korban, Sriyati (55) yang terbangun melihat suara dari arah ruangan depan.

Saat mengecek, ia kaget mendapati kondisi api sudah berkobar melahap dispenser, kulkas dan ruangan toko yang ada di depan.

Baca Juga :  17 Proyek di Sragen Diduga Beraroma Makelaran. Bendahara LSM Ungkap Ada Pertemuan Bahas Fee di Solo, 17 Pengusaha Galian C Juga Sempat Dijanjikan Menang Tapi...

Seketika ia langsung berteriak minta tolong kepada warga dan suaminya langsung terbangun. Bersamaan dengan itu, suaminya langsung menuju ke tempat BBM pertalite untuk menyelamatkan.

Nahas, saat berusaha menuangkan BBM kobaran api justru menyambar tubuhnya. Warga kemudian berhamburan membantu menyelamatkan korban yang sudah terbakar api.

Bersamaan dengan itu, warga juga membantu memadamkan api dengan peralatan yang ada. Tak lama berselang 3 unit mobil pemadam kebakaran dari Sragen langsung tiba untuk membantu pemadaman.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian dengan kondisi sebagian rumah sudah ludes terbakar. Sementara pemilik rumah langsung dilarikan ke RSUD Sragen untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca Juga :  Kagumi Pertanian Sragen, Direktur Petrokimia Gresik Kenalkan Produk Pupuk Cair Phonska Oca. Diklaim Mampu Dongkrak Produktivitas Tanaman Hingga 12 %

“Penyebabnya dari dispenser atau pemanas air yang meledak dan kemudian menyambar barang-barang yang ada di dalam warung rumah korban. Korban mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Kalau kondisinya kami belum tahu yang jelas mengalami luka cukup serius,” papar Kapolsek Sidoharjo, AKP Agung Ari Purnowo, Jumat (10/4/2020).

Akibat kejadian tersebut, kerugian material ditaksir mencapai Rp 50 juta. Terpisah Kepala Narkas PMI Sragen, Wahdadi mengatakan seusai menerima laporan, tim PMI dan PSC langsung menuju lokasi untuk melakukan assesment dan backup medis.

“Pemilik rumah mengalami luka bakar cukup parah sekitar 80% dan dilarikan ke RSUD Sragen,” terangnya. Wardoyo