JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Pelatihan Secara Online dengan UMeetMe

Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Pelatihan Secara Online dengan UMeetMe. Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Guru Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta pelatihan secara daring di tengah pagebluk virus Corona (Covid-19). Instruktur di rumah, peserta di rumah masing-masing, Sabtu – Minggu (18-19/4/20).

Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti MPd melalui Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan Uji coba pelatihan menggunakan media pembelajaran kreatif secara daring (dalam jaringan) dengan nara sumber Lilik Haryono SKom.

“Kepala sekolah menginisiasi uji coba dijadwalkan hari Sabtu hingga Minggu, koordinator setiap kelas dapat berkoordinasi dengan rombelnya dan guru mapel, Pak Lilik akan membantu bapak ibu menggunakan vip.umeetme.id persembahan Telkom untuk pembelajaran online, yang muaranya orang tua siswa bisa mengawasi dan berperan dalam proses pendidikan secara real time terarah terukur dan berkelanjutan, ” ujarnya, Minggu (19/4/2020).

Aplikasi paling popular kekinian disebut Zoom. Namun, Zoom akhir-akhir ini dilanda isu privasi dan keamanan, karena diketahui aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end.

Hal tersebut memungkinkan pesan atau informasi yang disampaikan lewat Zoom berpotensi dicuri atau disadap oleh peretas.

Baca Juga :  New Normal, UNS Gelar Wisuda Drive Thru, Wisudawan Kendarai Kereta Kuda, Mobil Listrik dan Sepeda Listrik

Praktisi Pendidikan bidang Komputer Lilik Haryono menjelaskan, Fitur-fitur yang ada di platform ini cukup menarik.

Di antaranya bisa share screen atau share video Youtube. Ini memungkinkan semua peserta di room melihat video anggota untuk menonton bersama yang asyik dan ramai (ambyar).

Ada 3 cara mudah menggunakan UmeetMe, Pertama menggunakan web. Untuk bisa menggunakan layanan ini, cukup mengakses situs resmi UMeetMe.

Di sini, pengguna akan dihadapkan pada sebuah layar yang dipenuhi dengan warna merah menyala, khas Telkom.

Pengguna juga disuguhkan dengan cara mudah menggunakan video conference di platform ini.

Membuat Room di bagian bawah ada sebuah kolom panjang yang mengharuskan kita untuk memasukkan nama Room yang ingin digunakan. Nama Room untuk conference di UMeetMe harus menggunakan huruf dan angka tanpa jeda/spasi atau karakter di luar itu.

Bagikan. Di bagian kanan bawah ada sebuah logo bulat huruf i. Klik ikon i tersebut dan akan muncul link untuk disebar ke anggota yang ingin kita ajak bergabung.

Baca Juga :  Akhir Tahun Kereta Prameks Bakal Diganti KRL

“Bisa dipakai untuk mengukur kemampuan siswa sekaligus sebagai media pembelajaran alternatif sarana bermain, bersaing dan have fun, meskipun pesertanya di rumah masing-masing tetapi antusiasnya luar biasa. Beberapa pertanyaan pun sempat disampaikan,”paparnya.

Ke depan jadwal pembelajaran online lewat www.vip.umeetme.id hari Senin kelas 6, Selasa kelas 5, Rabu kelas 4, Kamis Kelas 3 Jum’at kelas 2 dan Sabtu kelas 1.

Pelatihan secara daring ini mendapat respon positif dari peserta. Mereka mengaku media interaktif berupa pemanfaatan aplikasi ini bisa menjadi alternatif pembelajaran daring selama peserta didik belajar mandiri di rumah.

Seperti diakui Dyah Elina Indriyani SPd. Wali kelas VA ini mengungkapkan pelatihan interaktif tersebut memberikan tambahan wawasan.

“Intinya ini salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan dan digunakan, sehingga kita bisa lebih inten tatap muka dengan orang lain baik dalam pembelajaran sebagai guru dan murid, dalam pertemuan sebagai rekan kerja. Akhirnya komunikasi bisa lebih real dengan adanya visualisasi lewat tatap muka seperti ini,” ujarnya. Prihatsari