loading...

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelanggan PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri mendapatkan keringanan saat pandemi corona berlangsung dan berlalu.

Keringanan itu berupa diskon pembayaran hingga 50 persen. Bahkan ada kategori pelanggan tertentu yang digratiskan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan hal tersebut, Jumat (3/4/2020). Menurut Bupati kebijakan itu diambil sebagai respon terhadap kesulitan masyarakat dampak covid-19.

“Pelanggan kategori rumah tangga 1 dan 2 mendapatkan diskon 50 persen. Sedangkan pelanggan kategori sosial digratiskan,” ungkap Bupati.

Dia menyebutkan, kebijakan itu berlaku bagi semua pelanggan yang termasuk dalam kategori tersebut. Kebijakan diambil lantaran virus corona telah membawa imbas untuk semua sektor, termasuk ekonomi maupun sosial.

Baca Juga :  Ditemukan di Tirtomoyo Wonogiri, Pengunjung Pasar Tak Pakai Masker Sedangkan Pemilik Toko Tidak Sediakan Tempat Cuci Tangan

“Di sinilah pemerintah harus hadir. Anggaran untuk keperluan ini diambilkan dari pos recovery sebesar Rp 110 miliar itu,” jelas dia.

Tak hanya pelanggan PDAM, Pemkab juga bakal menggelontorkan bantuan sembako berupa beras, telur, mie dan sejenisnya bagi warga terdampak. Bantuan diberikan melalui Dinas Sosial untuk 55.300 kepala keluarga dengan jumlah penerimaan sekitar Rp 200.000.

Baca Juga :  Kasus Positif Corona di Wonogiri Bertambah 2 Total Jadi 12, Pasien Kasus Baru Jalani Isolasi Mandiri di Rumahnya Lantaran Kondisi Fisiknya Bagus

Direktur PDAM Giri Tirta Sari Sumarjo menyebutkan, diskon berlaku untuk rekening April untuk pembayaran Mei maupun rekening Mei pembayaran Juni.
Namun jika dipandang perlu diperpanjang, pihaknya siap melaksanakan.

Untuk pelanggan RT 1 dan 2 mendapatkan diskon 50 persen. Sementara pelanggan sosial umum seperti hidran, dan sosial khusus (masjid,tempat ibadah, dan lainnya) gratis.

“Total pelanggan ada 39111 SR, yang mendapatkan diskon ada 24 ribu lebih atau 80 persen,” ujar dia. Aria