JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PBNU Imbau, di Tengah Pandemi Corona, Ibadah Selama Ramadhan Dilakukan di Rumah

Said Aqil Siraj / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  -Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj mengimbau di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), seluruh masyarakat Muslim di Indonesia beribadah di rumah selama bulan Ramadhan.

“Yang biasa kita lakukan beramai-ramai di masjid, kita lakukan di rumah. Salat tarawih, tadarus, buka bersama, takbir keliling tidak usah. Bahkan sholat Jumat dan salat Idulfitri, sebaiknya di rumah saja,” kata Said dalam siaran doa bersama di Youtube NU, Kamis (9/4/2020).

Dia mengatakan salat, membaca Al-Quran, tadarus, salat Idul Fitri, dan tarawih adalah ibadah. Tapi, kata dia, menjaga keselamatan diri dan orang lain juga ibadah, yang merupakan perintah Allah SWT.

“Allah berfirman dalam Al-qQran, jangan sekali kali kamu menjerumuskan diri mu sendiri dalam kecelakaan,” ujar dia.

Nabi Muhammad SAW, kata dia, bersabda, jangan menyakiti diri sendiri dan orang lain.

“Dari situ lah, maka keselamatan diri kita dan org lain lebih kita utamakan, ibadah di rumah saja. Seperti kerja dan belajar juga di rumah,” kata Said.

Said menuturkan puncak wabah virus Corona terjadi pada April dan Mei dan akan mulai turun pada Juni.

Said Aqil berharap doa bersama itu dapat mengangkat virus Corona atau Covid-19 dari dunia.

“Kesempatan yang baik pada hari ini kita bersama seluruh warga nahdiyin di mana pun berada berdoa, bermunajat mohon kepada Allah dengan khusyuk, tulus dan ikhlas, supaya Allah mengangkat wabah virus corona dari Indoneisa dan seluruh masyarskat Islam di mana pun berada,” kata Said.

www.tempo.co

Baca Juga :  Kampanye Tatap Muka di Pilkada 2020 Boleh, Tapi Maksimal 50 Orang