JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

PT KAI Daop 6 Yogyakarta Batalkan Semua Perjalanan KA Jarak Jauh Mulai 25 April 2020

Ilustrasi rel kereta api. pexels.com
   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta membatalkan seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh menuju arah Barat (Jakarta / Bandung) maupun arah Timur (Surabaya / Ketapang) mulai 25 April 2020. Pembatalan seluruh perjalanan KA Jarak Jauh ini menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan sebelum tanggal 24 April 2020 ini masih terdapat empat perjalanan KA menuju Jarak Jauh yang melintas di Daop 6 Yogyakarta yaitu KA Bima, KA Kahuripan, KA Wijayakusuma, dan KA Ranggajati, namun mulai tanggal 25 April 2020 terdapat penghentian atau pembatalan sementara seluruh perjalanan KA tersebut.

“Pembatalan ini untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Jika terdapat perpanjangan waktu maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” paparnya, Jumat (24/4/2020).

Dengan adanya pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh tersebut secara tidak langsung membuat seluruh Stasiun di wilayah Daop 6 yang antara lainnya Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Wates, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun, Stasiun Klaten, Stasiun Sragen, dan stasiun – stasiun lainnya di wilayah Daop 6 Yogyakarta untuk sementara waktu tidak melayani keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

Eko Budiyanto juga mengungkapkan mulai tanggal 25 April 2020 untuk sementara waktu, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang memerlukan perjalanan menggunakan moda transportasi Kereta Api Jarak Jauh untuk tidak datang menuju stasiun dikarenakan mulai Sabtu, 25 April 2020, PT KAI Daop 6 Yogyakarta untuk sementara tidak mengoperasikan perjalanan KA Jarak Jauh,” imbuhnya.

Saat ini hanya tersisa 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini untuk mengakomodir perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta – Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan – Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

Eko Budiyanto melanjutkan, penumpang yang KA-nya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100%. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com