JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Puncak Pandemi Corona Diprediksi Awal Mei, dan Berakhir Juni

Ilustrasi virus corona atau Covid-19 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Puncak penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia diperkirakan baru akan terjadi pada awal Mei 2020. Demikian dikatakan oleh Ketua tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan
 Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Kami meyakini puncak pandemi akan dimulai awal Mei dan berakhir awal Juni,” kata Wiku dalam press briefing, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga :  Jadikan Hotel Ruang Karantina Mandiri Pasien OTG, Kemenparekraf Anggarkan Dana Rp100 M. Pasien akan Diisolasi 14 Hari di Hotel Bintang Tiga, Dapat Fasilitas Makan hingga Laundry

Pada puncak penyebaran di bulan Mei, diperkirakan secara kumulatif ada 95.000 kasus positif Corona di Indonesia. Setelah masa puncak berakhir, pada Juni dan Juli diprediksi setidaknya ada 106.000 kasus.

Wiku mengatakan, angka perkiraan itu belum pasti. Hitungan ini dilakukan sejumlah prediktor, ilmuwan, dan para ahli.

“Kami sudah mengkaji dan mengkombinasikan semua prediksi itu,” katanya.

Baca Juga :  Dino Patti Djalal Akhirnya Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pemerintah, kata dia, terus berusaha bersama untuk memastikan bahwa prediksi itu tetap menjadi prediksi. Pemerintah akan mendorong agar kasus Covid-19 di lapangan di bawah prediksi itu.

“Kami menghormati angka-angka itu. Tapi bagaimanapun kami selalu berusaha keras agar prediksi tidak menjadi kenyataan,” kata Wiku.

www.tempo.co