JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Triad Suparman Tulis Buku Revolusi Mental Ala SMPN 8 Surakarta

Triad Suparman, M.Pd / dok Humas SMPN 8 Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd menulis sebuah buku perdana yang diberi judul Revolusi Mental ala SMPN 8 Surakarta.

Buku tersebut diluncurkan, Senin (13/4/2020) di sekolah setempat dalam suasana sepi karena bertepatan dengan waktu belajar di rumah lantaran pandemi virus Corona.

Melalui bukunya tersebut, Triad menguraikan mengenai program-program yang merupakan aplikasi dari Revolusi Mental di SMP Negeri 8 Surakarta.

Dalam bukunya tersebut, Triad Suparman menjabarkan Revolusi mental ke dalam lima nilai, yang masing-masaing adalah nilai religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian dan gotong royong.

Baca Juga :  22 Website, 19 Aplikasi dan 5 Video Conference yang Bisa Diakses dengan Kuota Belajar

Lima nilai dari Revolusi Mental tersebut kemudian dijadikan acuan untuk mengembangkan sekolah.

“Lima nilai tersebut coba kami terapkan secara riil dalam lingkungan sekolah,” ujar Triad kepada Joglosemarnews, Senin (13/4/2020).
Menurut Triad, lima nilai tersebut ditumbuhkembangkan dalam jiwa peserta didik, bukan sakadar dalam bentuk ujaran dan ajaran saja, melainkan dalam bentuk tindakan.

“Mengajarkan sesuatu kepada anak dengan cara melakukan dan memberi contoh, akan lebih efektif daripada sekadar mendengarkan,” tuturnya.

Dijelaskan, anak tidak sekadar tahu dan hafal akan nilai-nilai tersebut, namun sekaligus anak-anak mempraktikkan nilai-nilai tersebut.

Karakter Positif

Baca Juga :  Tanding Tenis Meja SD Muh 1 Vs SD Muh 2 Solo, Cara Jalin Silaturahmi dan Persaudaraan Kedua Sekolah

Dengan penanaman nilai yang terus-menerus dan konsisten dalam bentuk kegiatan, sambung Triad, dengan demikian diharapkan akan muncul kebiasaan dan karakter positif dalam diri para peserta didik.

Melalui buku yang sederhana tersebut, Triad berharap bisa mendorong bagi karya-karya selanjutnya. Menurutnya, banyak hal positif dalam proses pendidikan yang dia tekuni dapat dituangkan ke dalam buku.

“Dengan buku ini, orang lain bisa mengambil manfaatnya, itu yang saya harapkan,” ujarnya.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Surya Pustaka Ilmu ini, tim editor dilakukan oleh Didik Kartika dan Hamdani MW. suhamdani