JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Urgensi Mitigasi Covid-19 untuk Atasi Era Ketidakpastian

Oleh : Anton A Setyawan*

Anton A Setyawan

*Guru Besar Ilmu Manajemen Fak Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Tidak pernah ada yang menduga bahwa semua aspek kehidupan di dunia pada  tigabulan terakhir ini dan mungkin pada bulan-bulan mendatang mengalami kemandegan karenabencana penularan virus Covid-19. Virus yang kemudian dinyatakan menjadipandemi global ini meluas ke seluruh negara di dunia. Saat ini Indonesia sedangberjuang menangani penularan virus ini dengan berbagai strategi yang terbaik.

Pada akhir tahun 2019, semua pihak mengkhawatirkan tentang ancaman resesi global pada tahun 2020 karena lanjutanperang dagang AS dan China. Bahkan ada skenario yang berseliweran di mediasosial bahwa wabah Corona adalah bagian dari perang dagang tersebut. Ketidakpahamantentang sebuah kejadian memang memunculkan banyak spekulasi.

Baca Juga :  IMBAS PGP BAGI EKOSISTEM SEKOLAH

Namun, ada benang merah dari rangkaian kejadian penularan virus Covid-19 dan reaksi semua pemerintahan dinegara-negara yang terkena penularan virus tersebut, yaitu kebingungan dan panik.Negara-negara maju seperti Italia, Perancis, Inggris dan bahkan Amerika Serikatmengalami kebingungan ketika penularan virus ini meluas di negara mereka.  Beberapa negara seperti Italia, Perancis danMalaysia kemudian menempuh cara lock down untuk mencegah meluasnyapenularan, sementara lainnya memilih untuk menghimbau warganya melakukan socialdistance atau pembatasanaktivitas sosial.

Pemerintah Indonesia juga mengalami keterkejutan yang sama dengan pemerintahan negara lain ketika penularan virus Covid19 meluas dengan kasus positif tertular semakin bertambah. Berbagai kebijakanditempuh dengan belajar dari kasus China dan Korea Selatan mengatasi penularanvirus ini. Kita berharap usaha yang dilakukan pemerintah ini bisa mencegahmeluasnya penularan dan penulis termasuk yang optimis kesulitan-kesulitan yang ada bisa diatasi.

Baca Juga :  IMBAS PGP BAGI EKOSISTEM SEKOLAH

Pada sisi lain, masyarakat Indonesia yang mudah terekspose oleh informasi dari media sosial sangat reaktif. Aksiborong masker, hand sanitizer, sembako dan kemudian obat Klorokuinmenunjukkan reaksi panik masyarakat tanpa mengindahkan informasi daripemerintah maupun dari ahli kesehatan.

Pelajaran serius dari penularan Covid 19 ini adalah pentingnya dokumen dan prosedur mitigasi bencana. Selamaini pemahaman tentang dokumen dan protokol mitigasi adalah tentang bencanaalam, yang kebetulan dalam 15 tahun terakhir sering terjadi di Indonesia. Dalamkonteks mitigasi bencana yang lebih luas, maka terminologi bencana termasukbencana alam, resesi ekonomi, kerusuhan sosial, kerusuhan politik, bencanakesehatan (epidemic penyakit) dan perang.

Protokol Mitigasi
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua