JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Wabah Corona, Keraton Yogyakarta Luncurkan Gendhing Kurmat Dalem dan Sekaten di YouTube

Gendhing Kurmat Dalem
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Keraton Yogyakarta meluncurkan Gendhing (instrumen) Sekaten dan Gendhing Kurmat Dalem melalui saluran YouTube resminya pada Rabu (15/4/2020) petang.

Peluncuran Gendhing dimaksudkan sebagai hiburan masyarakat di tengah sisuasi pandemi Corona yang mengharuskan setiap orang untuk tinggal di rumah apabila tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Melalui gending yang disiarkan secara online ini, masyarakat luas, khususnya di Yogyakarta, tetap bisa menikmati tradisi itu tanpa harus meninggalkan rumah. Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Sekretaris DIY Ditya Nanaryo Aji menuturkan Gendhing Sekaten merupakan instrumen yang hanya dimainkan setahun sekali di Pagongan Masjid Gedhe saat Keraton Yogyakarta. “Gendhing Sekaten dimainkan saat Keraton melaksanakan Hajad Dalem Sekaten memeringati kelahiran Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Menilik asal namanya, gendhing Sekaten berasal dari nama Sekati, sepasang gamelan milik Keraton Yogyakarta. Gamelan Sekati terdiri sepasang gamelan Kanjeng Kiai (KK) Gunturmadu dan KK. Nagawilaga yang hanya akan dikeluarkan dari keraton melalui Miyos Gangsa pada 5 Mulud untuk ditempatkan di Pagongan Masjid Gedhe.

Tradisi ini konon telah berlangsung sejak masa Kerajaan Demak, saat para Wali menggunakan momentum kelahiran Nabi Muhammad untuk berdakwah dengan membunyikan Gamelan Sekati. Masyarakat yang tertarik dengan suara gamelan akan berkumpul dan kemudian mendengarkan dakwah para Wali hingga mengucap kalimat syahadat.

Baca Juga :  Ulat Bulu “Serbu” Kawasan YIA Kulonprogo, Ternyata Ini Sebabnya

Selama berada di Pagongan, Abdi Dalem Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo atau divisi kesenian dan pertunjukan Karaton Yogyakarta pimpinan Kanjeng Pangeran Hario Notonegoro secara bergantian akan menabuh Gamelan Sekati dengan memperdengarkan 16 Gendhing Sekaten. Meliputi Rambu, Rangkung, Andhong-andhong, Lung Gadung, Rendeng, Yahume, Dhendang Subingah, Burung Putih, Gleyung, Lenggang Rambon, Bayemtur, Atur-atur, Orang aring, Salatun, Ngajatun, dan Supiyatun.

Pada 11 Mulud, Gamelan Sekati akan dikembalikan ke dalam keraton melalui prosesi Kondur Gangsa. “Peluncuran Gendhing Sekaten (melalui Youtube) ini turut menjadi bagian dari proses digitalisasi kekayaan budaya keraton yang terus berjalan,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com