JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bantu Tangani Corona, DPR Ajak Direksi BUMN Potong Gaji Hingga 50 Persen

ilustrasi gaji. Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beserta direksi anak usaha diajak untuk potong gaji hingga 50 persen demi membantu menanggulangi dampak virus Corona atau Covid-19.
Ajakan tersebut dilontarkan oleh anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR, Primus Yustisio.

“Seperti kami dipotong gajinya 50 persen, minimal untuk tiga bulan ke depan dan memberikan langsung kepada pemerintah,” kata Primus saat rapat virtual dengan PT Pertamina(Persero), PT Perusahaan Listrik Negara(Persero), dan PT Perusahaan Gas Negara(Persero) Tbk, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga :  Penderita Covid-19 Meningkat, Muhammadiyah Jateng Minta Pilkada Ditunda Demi Keselamatan Warga

Dia juga membandingkan gajinya dengan para direksi BUMN. “Ini bukan curhat, tapi gaji-gaji direksi lebih besar dibanding kami. Ini juga harus jadi perhatian masyarakat,” ujar Primus.

Ia menilai, untuk menghadapi pandemi, harus ada keikhlasan dari berbagai pihak termasuk direksi BUMN.

DPR menggelar rapat Paripurna awal masa sidang, Senin (30/3/2020). Dalam rapat itu, para anggota mengusulkan memotong gaji hingga 50 persen untuk digunakan menangani pandemi Corona.

Baca Juga :  Bawaslu Undang Partai-partai Untuk Bahas Protokol Covid-19

“Melihat kondisi yang ada mengenai Covid-19, saya pribadi mengusulkan untuk para anggota dipotong gaji setengahnya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan saat ini,” kata anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin dalam siaran langsung DPR, Senin (30/3/2020).

Usulan Nurul itu juga diamini oleh hampir semua fraksi DPR. Bahkan Fraksi Demokrat juga mendukung adanya perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBNP) untuk menanggulangi dampak virus Corona.

www.tempo.co