JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

980 Mahasiswa UNS Ikuti KKN Covid-19 Tahap Pertama

ribuan Mahasiswa Baru (Maru) UNS tahun 2019 menghadiri jalannya Student Vaganza, Sabtu (18/8/2019) bertempat di Stadion UNS. Humas UNS
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 980 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 tahap pertama. Sebelum para mahasiswa ini turun ke lapangan pada 1 Mei 2020, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho memberikan pengarahan dan melepas para mahasiswa yang akan mengikuti KKN Covid-19 UNS melalui daring pada Kamis (30/4/2020).

Pada kesempatan ini Prof. Jamal menyampaikan harapan kepada mahasiswa yang akan menjalankan KKN Covid-19 tahap pertama untuk tidak mengurangi makna dari pengabdian ke masyarakat.

“Saudara harus tampil sebagai pahlawan-pahlawan Covid-19, kalian harus tampil sebagai anak muda yang memiliki karya nyata bagi masyarakat,” pesan Prof. Jamal saat memberikan pengarahan secara daring.

Prof. Jamal berharap para peserta bisa melaksanakan KKN sesuai protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan serta membantu menyelesaikan berbagai permasalahan pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Bawaslu Solo Luncurkan Gerakan "Waspodo Rung Kecatet"

“KKN ini mestinya bulan Juli – Agustus 2020. Namun karena adanya pandemi Covid- 19 kemudian diajukan April – Mei 2020, apalagi para mahasiswa sudah kembali ke kediaman masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana (UP) KKN LPPM UNS, Prof. Sudibya mengatakan, pandemi Covid-19 belum diketahui sampai kapan akan berakhir. Untuk itu, supaya tidak menghambat studi mahasiswa, UNS memutuskan untuk tetap melaksanakan KKN pada periode ini dalam bentuk KKN Covid-19.

“Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kali ini adalah mahasiswa melaksanakan programnya ditempat tinggal masing-masing secara mandiri dan tidak berkelompok serta dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan secara daring dengan tema edukasi yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” tutur Prof. Sudibya.

Baca Juga :  PAN dan Golkar Dukung Gibran, Tak Punya Teman Koalisi, PKS Solo: Nanti Pada Akhir-akhir Akan Kkita Berikan Kejutan

Pada tahap pertama, mahasiswa yang telah mendaftar dan terverifikasi untuk mengikuti KKN Covid-19 berjumlah 980 mahasiswa dari 11 fakultas di UNS. Daerah sebaran pelaksanaan KKN Covid-19 ada di 23 provinsi di Indonesia dengan rincian 8 provinsi di pulau Jawa dengan 942 mahasiswa dan 15 provinsi di luar Jawa sejumlah 38 mahasiswa. Pelaksanaan tahap pertama akan didampingi oleh 49 dosen pembimbing lapangan.

Prof. Sudibya juga melaporkan perkembangan pendaftar KKN Covid-19 tahap kedua yang dibuka sampai 30 April 2020. Menurut data yang telah dihimpun oleh UP KKN per tanggal 30 April kemarin, sebanyak 1.571 mahasiswa telah mendaftar untuk mengikuti KKN Covid-19 periode kedua. “Dan untuk pendaftaran KKN tahap ketiga akan dibuka mulai tanggal 1 hingga 8 Mei 2020 mendatang,” ujarnya. Prihatsari