JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pandemi Corona Belum Berakhir, 30 Juta Pekerja Properti Terancam PHK

Para agen penjual rumah tengah menawarkan rumah tinggal pada pameran Properti di sebuah Mall kawasan Jakarta, 21 Maret 2018. Dalam pameran ini juga ditawarkan properti mulai dari harga Rp 200 juta / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Pandemi virua Corona yang masih berlarut-larut, memunculkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 30,3 juta pekerja di bidang properti.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bidang Properti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sanny Iskandar.

Skenario terburuk itu dimungkinkan terjadi apabila seluruh bisnis properti ambruk lantaran tak dapat bertahan akibat melemahnya ekonomi.

Jumlah tenaga kerja yang akan terdampak langsung itu, menurut Sanny, jumlahnya sangat besar dan tak main-main.

“Belum lagi ditambah dengan sektor informal yang juga ikut terdampak seperti sewa kontrakan dan warung-warung untuk para pekerja lapangan,” ujar Sanny, Kamis (14/5/2020).

Dijelaskan, dari 30,3 juta pekerja, sebanyak 18,7 juta bekerja di sektor pengembang non-MBR (hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah) dan non-Tbk.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Lalu, 44.000 lainnya di pengembang Tbk dan 327.000 sisanya di pengembang MBR. Kemudian, 3,8 juta orang bekerja di sektor properti yang terkait langsung dan 7,3 juta lainnya di sektor properti yang tidak terkait langsung.

Sanny menyebut, saat ini pengusaha tengah berupaya untuk megantisipasi adanya PHK massal dengan berbagai cara.

Kebijakan itu sesuai dengan yang diminta oleh pemerintah agar pengusaha menahan adanya pemutusan hubungan kerja.

Namun, sebagai kompensasi, Sanny mengungkapkan, pengusaha meminta pemerintah mendukung penuh sektor properti dengan memberikan sejumlah stimulus.

Menurut dia, seandainya industri properti bertahan, keberadaannya akan berkontribusi mendongkrak langsung pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

Berdasarkan data Apindo bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), sektor properti sepanjang 2019 telah memberikan sumbangan terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 2,7 persen.

Kontribusi itu dimungkinkan akan meningkat seandainya pemerintah memberikan kebijakan yang terintegrasi untuk pendanaan, perizinan dan pertanahan, perpajakan, hingga kepemilikan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti, Hendro Gondokusumo menuturkan, saat ini ada 175 sektor industri yang bergerak di bidang properti.

Dalam situasi sekarang ini, kata dia, pergerakan sektor properti dalam negeri harus dioptimalkan untuk ikut kembali membangkitkan ekonomi.

“Industri properti Indonesia itu 90 persen kandungannya adalah lokal, bahkan 100 persen untuk rumah sederhana. Ini sangat strategis untuk menggerakkan perekonomian,” tutur Hendro.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com