JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Peneliti: Makin Sering Cuci Tangan Bisa Cegah Corona

Ilustrasi cuci tangan / tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Frekuensi cuci tangan berkaitan langsung dengan risiko penularan virus corona (Covid-19) kepada manusia.

Melalui sebuah penelitian khusus, para ahli menunjukkan bahwa mencuci tangan 6-10 kali per hari, secara langsung dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena virus.

Hasil penelitian itu mengatakan, cuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko pribadi terkena infeksi hingga sepertiga.

Mencuci tangan dengan frekuensi sering dikaitkan dengan penurunan 36 persen risiko infeksi virus corona dibandingkan dengan yang jarang mencuci tangan dalam rentang nol hingga lima kali sehari.

Menurut penelitian yang didanai oleh Dewan Penelitian Medis dan Wellcome Trust itu, mengingat bahwa Covid-19 tampaknya menunjukkan mekanisme transmisi yang mirip dengan virus corona musiman.

Secara otomatis, temuan ini mendukung pesan kesehatan masyarakat yang jelas, yakni efek perlindungan mencuci tangan selama pandemi.

Baca Juga :  Kapan Masker Kain Harus Diganti yang Baru? Ini Tanda-tandanya

“Penting untuk digaris bawahi bahwa frekuensi mencuci tangan hanya satu aspek dari kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan yang baik harus dilakukan setiap saat terlepas dari apakah Anda menunjukkan gejala atau tidak. Ini akan membantu melindungi diri sendiri dan mencegah penyebaran virus tanpa disadari kepada orang lain di sekitar,” ujar Sarah Beale dari Universias College London (UCL) Institut Informasi Kesehatan dan penulis pertama dalam penelitian ini, dikutip dari Metro.co.uk.

Penelitian yang diterbitkan dalam Welcome Open Research mengacu pada data dari tiga musim dingin berturut-turut (2006-2009) dari studi Flu Watch di Inggris.

Untuk penelitian itu, 1.633 peserta menunjukkan perkiraan dasar perilaku kebersihan tangan dan infeksi virus corona yang diidentifikasi dari usap hidung. Hampir 80 persen peserta berusia di atas 16 tahun.

Baca Juga :  Ternyata Olahraga Lari Tidak Boleh Dilakukan Setiap Hari, Apa Alasannya?

Pada awal setiap musim, peserta diminta untuk memperkirakan berapa kali mereka mencuci tangan pada hari sebelumnya.

Frekuensi cuci tangan harian kemudian dikategorikan rendah, nol hingga lima kali sehari, sedang, enam hingga 10 kali sehari, atau tinggi, lebih dari 10 kali sehari.

“Sesuatu yang sederhana seperti mencuci tangan secara teratur dapat membantu menjaga tingkat infeksi tetap rendah dan mengurangi penularan. Ini adalah bukti empiris pertama bahwa mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko pribadi tertular infeksi virus corona. Temuan ini mendukung pesan kesehatan masyarakat yang jelas di sekitar efek perlindungan dari mencuci tangan dalam konteks pandemi Covid-19 saat ini,” tutur Ellen Fragaszy dari UCL IIK.

www.tempo.co