JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Persiapan New Normal di Solo, Polresta Solo Akan Lakukan Langkah Strategis Ini

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai. Foto: JSNews/Prabowo
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah pusat tengah mempersiapkan tatanan kehidupan normal baru atau new normal. Menyambut rencana hidup berdamai dengan covid-19 itu, daerah juga mulai mempersiapkan segala pendukung, termasuk di Kota Solo.

Tak hanya Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, persiapan juga dilakukan kepolisian. Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai menjelaskan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Forkompinda untuk persiapan new normal.

“Rencananya, ada beberapa kegiatan masyarakat yang diaktifkan lagi. Seperti pusat perekonomian, tempat ibadah dan yang lain,” kata Andy di ruang kerjanya, Rabu (27/05/20).

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 di Solo Belum Terbendung, Ada Tambahan 100 Kasus Baru, Penyebarannya Merata, Total 1.919

“Tentu kami sudah persiapkan dengan menempatkan personel di tempat yang mungkin jadi lokasi berkumpulnya masyarakat. Kami membantu menertibkan masyarakat agar wajib mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas seperti biasa,” tambah dia.

Disinggung jumlah personel yang diterjunkan, perwira polisi berpangkat melati tiga itu masih mendata lebih rinci. Nantinya, jumlah personel akan disesuaikan dengan objek yang mulai menjalani aktivitas secara normal.

“Yang pasti kita tempatkan personel di beberapa titik seperti pasar, mall, dan toko-toko. Nanti modelnya stay atau dengan sambang, akan kita lihat dulu. Kalau perlu kehadiran (petugas) ya kita plot di tempat itu nanti,” tegasnya.

Baca Juga :  Dugaan Pungli Pedagang di Alut Solo, Polisi Sebut Pelaku Mengarah Seorang Perempuan

Andy memaparkan, pihaknya lebih menekankan kepada masyarakay untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal itu jadi langkah penting untuk memutus rantai penyebaran Corona, meski penerapan new normal dijalankan.

“Ya penekanan kita harapkan masyrakat bisa disiplin diri. Selama patuh, Insya Allah bisa kita minimalisir wabah Covid-19,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperpanjang masa berlaku kejadian luar biasa (KLB) covid-19 (corona) hingga tanggal 7 Juni 2020 mendatang. Sebelumnya, tahap pertama KLB korona Solo berakhir tanggal 29 Mei. Prabowo