JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Prediksi BIN Jika Masyarakat Tetap Gelar Salat Id Berjemaah di Lapangan atau di Masjid

Foto ilustrasi.
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menteri Agama Fachrul Razi menuturkan, Badan Intelijen Nasional (BIN) memprediksi pelaksanaan salat Idul Fitri di tempat umum (lapangan atau masjid) bisa memicu lonjakan angka penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Karena, apabila salat Id dilakukan di luar rumah, seperti berjemaah di lapangan atau masjid dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.

Mengutip Liputan6.com, Deputi Kominfo BIN Wawan Hari Purwanto mengatakan, memang kerumunan orang, apalagi tidak ada physical distancing sangat berbahaya bagi terjadinya penularan Covid-19.

Baca Juga :  Ini Deretan Kontroversi Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Termasuk Kasus Dugaan Asusila

“Apalagi sekarang ada OTG (orang tanpa gejala), sehingga dapat menular ke yang lain tanpa diketahui. Maka salat Idul Fitri bisa dilakukan di rumah masing-masing. Tata caranya juga sudah beredar di masyarakat, bisa diikuti panduannya,” kata Wawan kepada Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Dia menegaskan, tidak melarang orang beribadah. Namun, caranya saja diubah agar lebih aman.

“Kita tidak melarang orang beribadah, namun sewaktu ada pandemi, kita lakukan dengan cara yang lebih aman. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” ungkap Wawan.

Baca Juga :  Sidang Putusan Sengketa Pilpres di MK Bakal Dijaga 7.000 Lebih Aparat Gabungan

Belum Disiplin Jaga Jarak
Wawan menuturkan, sejauh ini banyak masyarakat yang belum disiplin. Terutama urusan jaga jarak.

“Masih banyak saudara kita yang belum disiplin menjaga jarak, bahkan curi-curi kesempatan mudik di tengah PSBB,” tukasnya.

Karena itu, dia mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi ke masyarakat, dan memberikan literasi mengenai akan pentingnya menjaga jarak.

“Maka dari itu kita terus lakukan literasi publik lewat berbagai media, agar saudara-saudara kita sadar akan perlunya jaga jarak tersebut,” pungkasnya. Liputan6.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com