JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sidak Persiapan PPDB Online, DPRD Solo: Zonasi Tak Lagi Gunakan Rute Google, Tapi Jarak Udara, Apa Efeknya?

Ilustrasi PPDB
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi IV DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) persiapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online SD dan SMP, Kamis (28/5/2020). Sidak dilakukan di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Solo.

Ketua Komis IV DPRD Solo, Putut Gunawan menyampaikan persiapan PPDB online sedang berjalan dan pihaknya memastikan seluruh sistem siap bahkan di tengah pandemi Corona saat ini. Termasuk soal penerapan zonasi dimana sistem zonasi saat ini berdasarkan jarak udara dan bukan lagi berdasarkan rute.

Baca Juga :  Jokowi Dapat Hadiah Masjid dari Pangeran Abu Dhabi, Akan Dibangun di Solo di Atas Lahan Seluas 3 Hektare

“Beberapa hal baru diantaranya mengenai jarak dalam sistem zonasi. Sekarang sudah tidak lagi berdasarkan rute google, sekarang berdasarkan jarak udara. Itu sudah ada dalam program komputernya. Memang lebih baik karena kalau memakai rute maka rumah dekat bisa dihitung jauh,” urainya.

Selain itu, dijelaskan pula dalam PPDB petugas akan melakukan penelusuran terhadap calon siswa terkait keikutsertaannya dalam KK induk. Hal ini untuk menghindari kejadian pindah KK seperti yang sebelumnya pernah terjadi.

Baca Juga :  DPRD Solo Peringatkan Sekolah Agar Tidak Jualan Seragam

“Akan ditelusuri dengan benar, kalau calon siswa tidak memiliki hubungan angsung antara anak dengan KK induknya maka akan diketahui. Ini antisipasi “nitip” KK,” imbuh Putut.

Sementara itu, terkait dengan jaringan online PPDB, Putut mengatakan pihak terkait telah menyiapkan dua server dengan pemantauan petugas selama 24 jam.

“Persiapan sudah maksimal, link data base sudah dilakukan dengan baik semua berdasarkan NIK. Dan semua terintegrasi,” pungkasnya. Prihatsari