JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Berbagi Bingkisan Lebaran Dengan Komunitas Pemulung

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lazismu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berbagi bingkisan lebaran dengan komunitas pemulung di kawasan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta, Sabtu (23/5/2020). Sebanyak 30 bingkisan lebaran diserahkan pada masyarakat, berkerja sama dengan Pimpinan Ranting Aisyiyah Sangkrah.

“Kawasan di Sangkrah ini merupakan salah satu lokasi yang menjadi binaan Lazismu UMS. Sebelumnya Lazismu UMS kerap mendampingi kawasan ini untuk terus berkembang. Bantuan tersebut berasal dari persatuan mahasiswa Fisioterapi UMS angkatan 2015,” jelas Ketua Lazismu UMS, Mahasri Shobahiya.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Copot Spanduk Ilegal di Solo, Termasuk Bergambar Pimpinan FPI Habib Rizieq Shibab

Sekitar tahun 2007, Lazismu UMS juga membina SD Muhammadiyah 18 Surakarta yang berada di kawasan ini. Namun sayangnya SD itu tida bisa berkembang dengan baik. Jumlah siswanya sangat sedikit, satu kelas hanya 3 sampai 5 orang, akhirnya ada kebijakan bagus dari yayasan Muhammadiyah dipindah lokasinya dan berubah jadi SD Muhammadiyah Inovatif,” jelas Mahasri.

Selain itu program binaan pernah dilaksanakan oleh Lazismu UMS di Sangkrah menggandeng mahasiswa PGSD UMS dan IMM FKIP. Kegiatannya berupa motivasi dan pelatihan setiap hari Jum’at.

Baca Juga :  Pegiat Perlindungan Anak Rekomendasikan Setop Libatkan Anak dalam Promosi Rokok

Mahasri memandang cukup prihatin dengan keadaan di Sangkrah itu. Dia berpendapat, kawasan tersebut butuh binaan khusus seperti pembinaan ekonomi dan pendidikan. “Penyadaran dan motivasi kepada orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi anak. Kami juga pernah memberikan pelatihan kerajinan tangan dari bahan daur ulang kepada masyarakat setempat” pungkasnya. Prihatsari