JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Warga Sambungmacan Rame-Rame Tangkap Pencuri Kambuhan Asal Sumberlawang. Nekat Beraksi Pagi Hari, Alasannya Sulit Cari Kerja Saat Wabah Corona

PElaku pencurian asal Sumberlawang yang ditangkap warga saat beraksi di Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen. Foto/Wardoyo
PElaku pencurian asal Sumberlawang yang ditangkap warga saat beraksi di Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi pencurian dampak pandemi corona atau covid-19 benar-benar terjadi di Sragen.

Seorang pria asal Sumberlawang Sragen nekat mencuri di toko wilayah Banaran, Sambungmacan, Sragen karena alasan lama menganggur dan sulit mendapat pekerjaan akibat wabah corona yang melanda.

Pria bernama Narto alias Sinder, itu terpaksa jadi bulan-bulanan warga yang geram dengan ulah nekatnya itu. Beruntung, ia segera diserahkan ke Polsek setempat sebelum babak bundas dimassa.

Data yang dihimpun di lapangan, aksi pelaku tepergok saat mencuri di toko milik Dian Musthofa Iqbal, warga Dukuh Bolorejo Desa Banaran, Sambugmacan, Sragen.

Nekatnya lagi, pelaku beraksi di saat pagi buta sekira pukul 08.30 WIB. Dari keterangan warga, pagi itu pemilik toko sempat membuka toko dan kemudian meninggalkan sebentar untuk bersih- bersih.

Baca Juga :  Kepala DPUPR Sragen Dilaporkan ke Kejaksaan Negeri. Terkait Dugaan Tipikor Urusan Proyek, Potensi Kerugian Negaranya Sungguh Mencengangkan! 

Sembari bersih-bersih di belakang, ia sempat melihat sekilas keberadaan pelaku mondar mandir di depan toko.

Sejurus kemudian, pelaku sudah tak terlihat lagi. Rupanya pelaku langsung masuk ke toko dan merunduk untuk mengambil sesuatu.

Pemilik toko yang sudah punya firasat buruk, berinisiatif mengecek ke toko. Alangkah kagetnya ketika ia mendapati pelaku sudah di dalam dan mengambil beberapa barang.

Sontak korban langsung berteriak sembari menangkap pelaku. Pelaku langsung tak berkutik dan mengembalikan barang yang sempat dipegangnya.

Warga seketika langsung berdatangan dan ikut mengamankan pelaku. Namanya massa yang geregetan kemudian menghadiahi pelaku bogem mentah sebelum menyerahkannya ke Polsek.

Kapolres Sragen, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo melalui Kasubag Humas AKP Harno Kamis (30/4/2020) mengatakan saat diinterogasi pelaku mengaku terpaksa mencuri karena sulit mendapatkan pekerjaan apalagi di tengah pandemi corona saat ini.

Baca Juga :  Gagal Maju Pilkada Sragen, Sukiman-Iriyanto Disebut Jadi Korban Kapitalidasi Proses Rekom Parpol. Rekom Butuh Bermiliar-Miliar, Rus Utaryono Sesalkan Parpol Tunduk Pada Oligarkhi Oportunistik

Kapolsek Sambungmacan, AKP Joko Widodo membenarkan penangkapan pelaku percobaan pencurian itu. Pelaku ditangkap warga yang juga pemilik toko, saat hendak melakukan pencurian.

“Dari hasil penyelidikan petugas, pelaku dipastikan seorang residivis tindak pidana pencurian. Saat ini sudah diamankan di Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan petugas. Ia terancam pidana sebagaimana di maksud pasal 362 jo 53 KUHP tentang percobaan pencurian,“ terang Kapolsek Sambungmacan AKP Joko Widodo.

Selain mengamankan tersangka, pihak kepolisian juga mengamankan barangbukti milik tersangka.

Di antaranya berupa sepeda motor tersangka suzuki Satria no pol B 6405 TVQ, jaket warna biru bertuliskan Legend Athlethic Superior, helm warna hitam bertuliskan Honda dan tas Merk Krizzanov warna hitam. Wardoyo