JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berikan Ruang Literasi Saat Belajar di Rumah, Tanoto Foundation Latih Guru Kelas Awal Membuat Bigbook

Pelatihan Bigbook dari Tanoto Foundation. Dok. Tanoto
   
Pelatihan online Bigbook dari Tanoto Foundation. Dok. Tanoto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam membelajarkan literasi dibutuhkan media yang dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis.

Mengingat keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran pada jenjang selanjutnya sangat ditentukan kemampuan literasinya di kelas awal. Pada sisi lain peserta didik kelas awal memiliki rentang konsentrasi pendek.

Hal tersebut mengemuka dalam pelatihan online Big book (buku besar) bagi guru kelas awal mitra program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation di Kecamatan Pracimantoro dan Wonogiri, 16 – 18 Juni dan 22-24 Juni 2020.

“Big book adalah media sangat penting dalam pembelajaran membaca, khususnya kelas awal. Teks ditambah gambar illustrasi yang berukuran besar dengan warna yang menarik mampu meningkatkan minat dan semangat siswa untuk membaca dan juga memberi kemudahan guru dalam membimbing mereka agar lebih cepat menguasai keterampilan membaca,” kata Spesialis Pelatihan SD/MI Tanoto Foundation, Seno M. Daud.

Dia menjelaskan, ketersediaan Big book masih terbatas di sekolah, selain itu sedikitnya Big book yang dijual di pasaran, dan harga Big book relatif lebih mahal dari buku bacaan biasa. Hal ini menjadi alasan utama pelatihan pembuatan Big book bagi guru kelas awal penting untuk dilaksanakan. Walaupun di masa siswa belajar di rumah ini.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Karakteristik teks, warna, serta gambar illustrasi pada Big book sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai media menarik dan efektif dalam pembelajaran membaca. Tidak hanya dalam pembelajaran tatap muka, juga pembelajaran jarak jauh.

“Pemilihan fokus utama yang cocok dalam pembelajaran membaca secara online/dalam jaringan (daring) seperti prediksi, kosa kata dan tanda baca, pemahaman bacaan, atau merangkum merupakan salah satu kunci keberhasilan. Strategi membaca bersama (shared reading) dengan media big book tetap menarik meskipun melalui PJJ. Karena guru memodelkan membaca yang baik dan siswa menyimak, menirukan, membaca, memahami, sekaligus menikmati bacaan,” jelas dia.

Pelatihan Modul II Program PINTAR menyasar kemampuan guru menyediakan pembelajaran literasi yang berkualitas bagi anak di kelas awal. Ada dua strategi pembelajaran literasi yang diajarkan dalam pelatihan, yaitu strategi membaca bersama dan strategi membaca terbimbing.

Big book merupakan media pembelajaran literasi yang dapat digunakan saat membaca bersama. Karakteristik media Big Book dengan tulisan, gambar dan ukuran buku yang besar dapat menarik perhatian anak sehingga tidak mudah bosan saat guru membacakan cerita tertentu.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Malas Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran 2024 yang Panjang

Pada pelatihan sebelumnya, peserta sudah dilatihkan bagaimana membelajarkan literasi dengan strategi membaca bersama. Melanjutkan pelatihan tersebut, dilakukan pelatihan membuat Big Book kepada guru kelas awal. Diharapkan kemampuan membuat Big Book ini akan melengkapi kemampuan guru dalam penerapan strategi selama membaca bersama.

Pelatihan Big book dilakukan 3 kali pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG). Selain pertemuan tatap muka di KKG, guru juga melakukan praktik membaca bersama dengan menggunakan big book yang telah dikembangkan lewat KKG di kelasnya masing-masing.

Sasaran utama dalam pelatihan adalah, peserta memahami cara, alat, dan bahan yang digunakan dalam pembuatan big book; mampu merancang dan membuat big book yang sesuai dengan tema dan tingkat kelas; dan Peserta mempraktikkan cara membaca Big book dan mendapat umpan balik dari fasilitator.

Guru SDN 1 Digal, Pracimantoro Yutik Indriyani menyampaikan pengalamannya mengikuti pelatihan. Selama pelatihan, dia dibimbing fasilitator untuk memahami sebuah media secara utuh, khususnya buku besar. Mulai dari teks yang efektif, pewarnaan, penyusunan kalimat, menyusun dan mengembangkan kerangka cerita menjadi kalimat bersama kelompok, mensimulasikan, dan mempresentasikannya. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com