JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Doktor Lulusan UMS Diharapkan Aktif Lakukan Riset

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meluluskan tiga mahasiswa program doktornya di bidang ilmu hukum. Prosesi yudisium dilaksanakan Rabu, (17/6/2020) secara langsung oleh Rektor UNS Prof Sofyan Anif.

“Ketiga doktor ini cukup bagus risetnya karena mereka mengangkat local wisdom. Mereka membantu permasalahan yang kerap timbul di daerah masing-masing. Dan ini menjadi ciri khas doktor lulusan UMS,” papar Prof Anif.

Diimbuhkan Kaprodi S3 Ilmu Hukum UMS, Prof Absori, sekaligus sebagai promotor, doktor lulusan UMS diharapkan eksis di lembaganya masing-masing setelah lulus.

Baca Juga :  9.752 Mahasiswa UNS Dapat Keringanan UKT, Total Rp 37,3 Miliar

“Terutama untuk riset dan publikasi. Apalagi riset mereka rata-rata tentang sosiologi di bidang hukum yang mengangkat kearifan lokal. Riset seperti ini yang diminati internasional,” tukasnya.

Sementara itu, ketiga doktor yang dinyatakan lulus adalah Dr. Arief Budiono, S.H., M.H, Dr. Emma Ellyani, S.H., M.H dan Dr. Siti Syahida Nurani, S.H., MH.

Ketiga doctor hukum ini merupakan promovendus yang kapabel dalam bidang yang mereka teliti. Mereka yang lulus pada bulan juni ini merupakan doktor hukum yang memenuhi syarat publikasi pada Jurnal internasional bereputasi yang terindeks scopus serta telah menempuh seluruh tahapan ujian disertasi.

Baca Juga :  Angkat Tema Akhlaqul Karimah, Taufik Kasturi Dikukuhkan Sebagai Gubes UMS

Lulusan doktor hukum ini menulis disertasi dengan tema yang mendalam. Dr. Arief Budiono meneliti tentang system jaminan social berbasis kesejahteraan social. Sedangkan Dr. Emma meneliti tentang Rekognisi Penyelesaian Sengketa Adat Berbasis Prinsip Deliberatif. Lalu Dr Syahida meneliti tentang Tindak Pidana Perkosaan : Studi Tentang Aspek Transendental Pada Putusan Pengadilan Di Nusa Tenggara Timur. Prihatsari